%D 2019 %I Program Pascasarjana %T Model Evaluasi Mutu Internal Program Studi Kependidikan Islam dalam Menghasilkan Calon Guru Profesional. %X Studi ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan langkah-langkah model evaluasi mutu internal yang tepat, yang dapat digunakan untuk mengevaluasi mutu prodi kependidikan Islam dalam menghasilkan calon guru profesional; (2) mendeskripsikan karakteristik instrumen dalam model evaluasi internal mutu prodi kependidikan Islam yang dikembangkan; (3) menguji efektifitas model evaluasi mutu internal prodi kependidikan Islam yang dikembangkan, dan (4) mengungkapkan gambaran dan kriteria hasil evaluasi mutu yang dilaksanakan prodi kependidikan Islam dalam menghasilkan calon guru profesional. Studi ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan mixed method, terdiri dari 9 tahap kegiatan yaitu : pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, penilaian dari pakar, revisi produk utama, pengujian lapangan utama, revisi produk operasional, pengujian lapangan operasional, dan revisi produk akhir. Produk awal dikembangkan dengan teknik Delphi, yaitu melakukan konfirmasi dengan pakar, praktisi, serta pengelola program studi kependidikan Islam dalam dua putaran. Validasi terhadap model evaluasi mutu internal Program Studi Pendidikan Islam (EMI-PSPI) dilakukan oleh tujuh orang pakar dan praktisi evaluasi pendidikan. Validitas instrumen yang terdiri dari kuesioner, lembar observasi dan angket dokumen adalah validitas konstruk dengan menggunakan exploratory factor analysis (EFA) dan confirmatory faktor analysis (CFA) sedangkan reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Ujicoba utama melibatkan 179 responden pada dua prodi yaitu prodi PAI dan prodi PIAUD. Ujicoba operasional melibatkan 242 responden pada empat prodi yaitu prodi PBA, prodi PBI, prodi PGMI dan prodi TBI FITK IAIN Surakarta. Hasil uji coba model, berupa penilaian model EMI-PSPI oleh pengguna dan hasil evaluasi mutu prodi kependidikan Islam. Kesimpulan dari studi ini adalah sebagai berikut.(1) Telah dihasilkan model EMI- PSPI dalam menghasilkan calon guru profesional yang dapat digunakan untuk mengevaluasi mutu prodi secara internal yang terdiri dari evaluasi aspek input, proses dan output. Aspek input mencakup visi misi, kurikulum, kompetensi dosen dan karyawan, serta sarana-prasarana. Aspek proses mencakup proses pembelajaran dan pembinaan mahasiswa, sedangkan aspek output berupa evaluasi kompetensi lulusan. Model EMI- PSPI ini terdiri dari 6 (enam) buku yang berisi 10 jenis angket evaluasi untuk mengevaluasi mutu prodi kependidikan Islam dalam menghasilkan guru profesional. (2) Model EMI-PSPI memiliki tingkat validitas konstruk yang dapat diandalkan, dengan nilai-nilai probability chi-squares (p) 0.08912 > 0.05, nilai GFI 0.90 ≥0.90, nilai RMSEA 0.049≤ 0.08, nilai AGFI 0.91 > 0.90, nilai NFI 0.97 > 0.90, dan nilai CFI 0.99 > 0.90. Dengan demikian persyaratan fit model telah terpenuhi. Model EMI-PSPI memiliki tingkat konstruk reliabilitas yang tinggi yaitu diatas 0.7. (3) Model EMI-PSPI memiliki efektifitas yang “sangat baik”, terbukti >76% pengguna pada enam prodi kependidikan Islam dapat menggunakannya dengan mudah. (4) Kriteria dalam model EMI-PSPI adalah dapat memberikan gambaran secara faktual dan komprehensif mengenai mutu prodi kependidikan Islam . %A Siti Choiriyah %A Kumaidi Kumaidi %K model evaluasi, mutu program studi kependidikan Islam, calon guru profesional %L UNY66092