%I Program Pascasarjana %T Model Evaluasi Program Pembelajaran Scientific Approach dalam Pembelajaran Biologi di SMA. %D 2019 %L UNY66087 %K model evaluasi, scientific approach, pembelajaran Biologi %A Peni Susapti %A Badrun Kartowagiran %X Model pembelajaran dengan pendekatan saintifik sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun, tetapi belum semua guru melaksanakannya dengan baik, sehingga perlu dibuat model evaluasi EPSA. Terkait dengan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan model evaluasi program pembelajaran scientific approach dalam pembelajaran biologi di SMA (EPSA); (2) mendeskripsikan kelayakan model evaluasi yang dikembangkan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan metode Plomp, terdiri dari tiga tahap kegiatan pokok, yaitu: (a) perencanaan; (b) uji coba; dan (c) implementasi. Model EPSA terdiri dari: (1) panduan pelaksanaan evaluasi; (2) instrumen evaluasi dan panduan penskoran; dan (3) bukti kelayakan model. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) model EPSA yang dikembangkan sudah akurat dan terpercaya, dengan perincian sebagai berikut: (a) konstruk instrumen kegiatan inti model EPSA terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menganalisis, dan mengkomunikasikan (5 M), berdasarkan hasil EFA dan CFA; (b) validitas instrumen pengukuran untuk model EPSA terbukti baik dan CFA fit; (c) reliabilitas instrumen pengukuran model EPSA dinyatakan baik, untuk koefisien Cronbach’s Alfa rata-rata di atas 0,70; (2) model EPSA yang dikembangkan termasuk kategori layak dan dapat digunakan (rata-rata skor dari butir-butir yang ada dalam produk mencapai 3,6) dan kualitas pedoman penggunaan termasuk kategori layak, berdasarkan pengakuan pengguna pada saat uji coba.