%I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2019 %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO AKSARA JAWA UNTUK SISWA KELAS IV DI SD NEGERI BERBAH 2 %L UNY66075 %K pengembangan media, ludo aksara Jawa, aksara Jawa %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran ludo aksara Jawa yang layak digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD Negeri Berbah 2. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg & Gall (1983) dengan sembilan langkah, yaitu pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, revisi produk, uji coba lapangan operasional, dan revisi produk. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah produk media pembelajaran ludo aksara Jawa untuk siswa kelas IV yang terdiri atas tujuh komponen, yakni papan permainan, kertu pitakonan, papan aksara Jawa, buku panuntun, kartu bintang, dadu, dan bidak. Materi yang disajikan mencangkup aksara legena, sandhangan swara, dan sandhangan panyigeg wanda. Hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 4,7 memiliki tingkat validitas dan kualitas sangat baik. Hasil validitas terakhir dari segi media memperoleh skor rata-rata 4,3 memiliki tingkat validitas dan kualitas sangat baik. Hasil uji coba lapangan awal memperoleh skor rata-rata 4,38 dengan tingkat validitas dan kualitas sangat baik. Hasil uji coba lapangan utama memperoleh skor rata-rata 4,29 dengan tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”. Hasil uji lapangan operasional memperoleh skor rata-rata 4,25 dengan tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”. Jadi, media pembelajaran ludo aksara Jawa ini layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Jawa di kelas IV SD N Berbah 2. %A Wening Niki Yuntari