relation: http://eprints.uny.ac.id/66072/ title: Model Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru SMK di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. creator: Sudarno, Sudarno creator: Suyanto, Suyanto subject: Manajemen Pendidikan description: Tujuan penelitian ini adalah menemukan model manajemen pengembangan kompetensi yang dapat diterapkan secara efektif dan sesuai dengan kebutuhan guru-guru SMK di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Adapun tujuan khusus untuk mencapai tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan model manajemen pengembangan kompetensi guru SMK yang telah berlaku di Kabupaten Karanganyar, (2) Melakukan kajian terhadap berbagai teori model manajemen pengembangan kompetensi guru, (3) Menyusun model manajemen pengembangan kompetensi guru SMK di Kabupaten Karanganyar yang efektif, dan (4) Menyusun pedoman pelaksanaan model pengembangan kompetensi guru SMK di Kabupaten Karanganyar yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dimana prosedur penelitian mengacu pada prosedur yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Obyek penelitian adalah manajemen pengembangan kompetensi guru SMK. Subyek penelitian adalah guru-guru SMK di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Subyek uji coba terbatas adalah 30 orang guru di SMK Negeri Jumantono dan SMK Muhammadiyah 6 Karanganyar. Sedangkan subyek uji coba luas adalah 50 orang guru di SMK Negeri 2 Karanganyar, SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar, dan SMK Satya Karya Karanganyar. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan uji beda melalui uji t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) kompetensi guru SMK di Kabupaten Karanganyar dilihat dari kualifikasi pendidikannya masih terdapat 34 (5%) orang guru dari sejumlah 658 orang yang belum memenuhi standar kompetensi; (2) di Kabupaten Karanganyar sudah ada model manajemen pengembangan kompetensi guru SMK, namun model tersebut belum dilaksanakan secara sistematis dan kurang efektif; (3) manajemen pengembangan kompetensi guru SMK model “APIL” yang dikembangkan dalam penelitian disertasi ini merupakan model yang efektif untuk diterapkan sebagai model manajemen pengembangan kompetensi guru SMK di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan kompetensi guru SMK setelah dilakukan uji coba manajemen pengembangan kompetensi guru SMK model “APIL”, baik uji coba secara terbatas maupun secara luas. Lagi pula, setelah dilakukan uji beda mean (rerata) menggunakan uji t-test selisih skor pretest-postest antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada taraf signifikansi 5%, dimana selisih skor pretest-postest kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol. date: 2019-05-21 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/66072/1/Cover.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/66072/2/Bab%20I.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/66072/3/Bab%20II.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/66072/4/Bab%20III.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/66072/5/Bab%20IV.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/66072/6/Bab%20V.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/66072/7/Daftar%20Pustaka.pdf identifier: Sudarno, Sudarno and Suyanto, Suyanto (2019) Model Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru SMK di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. S3 thesis, Program Pascasarjana.