%0 Thesis %9 S2 %A Widyatmoko, Wahyu %A Purwanta, Edi %B Bimbingan Konseling %D 2019 %F UNY:66029 %I Program Pascasarjana %K evaluasi, konseling individual %T Evaluasi Pelaksanaan Layanan Konseling Individual di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. %U http://eprints.uny.ac.id/66029/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan layanan konseling individual di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang selanjutnya hasil evaluasi tersebut dapat digunakan sebagai bahan rekomendasi. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Model evaluasi yang gunakan adalah model kesenjangan (discrepancy). Populasi dalam penelitian evaluasi ini adalah guru BK dan siswa. Guru BK di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta berjumlah 5 orang, sehingga seluruh guru BK menjadi subjek penelitian. Sementara itu, dengan teknik proportionate stratified random sampling diperoleh sampel siswa sebanyak 104 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan skala. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis data kualitatif (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan) dan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian evaluasi ini menunjukkan bahwa aspek proses pelaksanaan layanan konseling individual di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta termasuk kriteria baik dan aspek hasil pelaksanaan layanan konseling individual di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta termasuk kriteria baik.