%X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan keefektifan teknik modeling terhadap: (1) peningkatan efikasi diri dan (2) peningkatan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 9 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment. Bentuk desain yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Sampel yang digunakan sebanyak 12 siswa yang ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala efikasi diri dan skala kedisiplinan belajar. Uji reliabilitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji dengan rumus Alpha Cronbach adalah koefisien reliabilitas pada skala efikasi diri sebesar 0,867 dan pada skala kedisiplinan belajar sebesar 0,838. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik non-parametrik dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) teknik modeling efektif terhadap peningkatan efikasi diri siswa kelas VIII (sign = 0,027< 0,05); (2) teknik modeling efektif terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VIII (sign = 0,027< 0,05). Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik modeling efektif terhadap peningkatan efikasi diri dan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 9 Sleman. %A Lintang Waskita Puri %A Budi Astuti %K efikasi diri, kedisiplinan belajar, teknik modeling %L UNY66026 %D 2019 %I Program Pascasarjana %T Efektifitas Teknik Modeling terhadap Peningkatan Efikasi Diri dan Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 9 Sleman