%L UNY65973 %A Arif Rahman %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa selama proses belajar menggunakan media pembelajaran berbasis video pada kompetensi menggunakan alat ukur mekanik pada siswa kelas X program keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X TSM 2 SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang berjumlah 30 siswa dan objek penelitiannya yaitu Pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO) dengan penerapan media pembelajaran berbasis video. Metode pengambilan data menggunakan teknik observasi, yang dilengkapi instrumen penelitian berupa lembar observasi dan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari prasiklus ke siklus I meningkat 12,67 dari 50.16 menjadi 62,83 dengan persentase pencapaian KKM yaitu 43,33% dengan nilai KKM sebesar 75. Sedangkan dari siklus I ke siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat 10,33 dari 62,83 menjadi 73,16 dengan persentase pencapaian KKM yaitu 76,67% dengan nilai KKM sebesar 75. %K hasil belajar, keaktifan , media pembelajaran %D 2019 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA