eprintid: 65962 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/06/59/62 datestamp: 2019-09-23 02:51:51 lastmod: 2019-09-23 02:51:51 status_changed: 2019-09-23 02:51:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nugroho, Abdurrakhman Haryo creators_name: Suharjana, Suharjana title: Pengembangan Model Aktivitas Jasmani Melalui Permainan Sederhana Untuk Meningkatkan Koordinasi Dan Ketepatan Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah ispublished: pub subjects: olahraga subjects: pasca_sarjana divisions: pps_ikora full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah pengembangan model aktivitas jasmani berupa buku panduan jenis permainan-permainan untuk meningkatkan unsur gerakan koordinasi dan ketepatan pada siswa, selain itu juga menumbuhkan jiwa semangat dan antusias belajar gerak Penjasorkes. Buku panduan tersebut terdiri dari petunjuk dan rangkaian aktivitas permainan yang telah dikembangkan menurut kategori umur siswa kelas bawah, didalamnya terdapat panduan peraturan permainan dan macam-macam media yang digunakan dalam permainan. Model permainan terdiri dari 7 jenis permainan (1) Permainan seimbangkan bola, (2) permainan lembarung, (3) permainan bowling, (4) permainan kapal pecah, (5) permainan jalan laba-laba, (6) permainan bambu air, (7) permainan bola poin. Permainan sederhana dikonsep dengan menyenangkan sesuai karakter siswa yang senang menghabiskan waktu untuk bermain, hal ini dimaksudkan agar siswa senang dalam proses belajar, secara tidak langsung lebih mudah meningkatkan unsur gerak koordinasi, ketepatan dan antusias siswa dalam belajar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada langkah-langkah penelitian Borg & Gall dengan melalui tahapan: pengumpulan hasil riset dan informasi, perencanaan, mengembangkan produk awal, uji coba awal, revisi penyusunan produk utama, uji coba lapangan utama, revisi penyusunan produk operasional, uji coba produk operasional, revisi produk final. Subjek uji coba skala kecil dilakukan terhadap 2 guru sekolah dasar, sedangkan subjek uji coba penelitian skala besar dilakukan terhadap 3 guru sekolah dasar, dan subjek uji efektifitas produk sebanyak 25 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan koordinasi dan ketepatan. Penilaian para ahli dan instruktur menggunakan lembar kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Model Aktivitas Jasmani Melalui Permainan Sederhana Untuk Meningkatkan Koordinasi Dan Ketepatan Siswa Kelas Bawah valid. Hasil validasi ahli materi dan sekaligus ahli media termasuk “sangat baik” rerata skor lebih dari >4,2 , yaitu 4,50. Kualitas produk hasil uji coba skala kecil “layak” dengan rata-rata 4.045. Selanjutnya, uji coba skala besar juga termasuk “sangat baik” dengan rata-rata 4,19. Hasil uji efektifitas produk menunjukkan peningkatan pada hasil uji tes koordinasi (hasil pretest 35,8% dan hasil postest 61,4%). Hasil uji efektifitas produk pada uji tes ketepatan menunjukan (hasil pretest 24,6% dan hasil postest 42,24%) Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan model permainan sederhana layak dan efektif untuk meningkatkan kebugaran jasmani koordinasi gerakan dan ketepatan. Kata Kunci: Permainan sederhana, Koordinasi, Ketepatan date: 2019-06-14 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Ilmu Keolahragaan thesis_type: tesis referencetext: Adriana, D. (2013). Tumbuh kembang dan terapi bermain pada anak. Jakarta : Salemba Medika Agus, M. (2007). Permainan Anak dan Aktivitas Ritmik. Jakarta. Pusat Penerbitan Alli Gipit, C. et.al. (2017). The Effectiveness of Traditional Games intervention program in the Improvement of Form One School-Age Children’s Motor Skills Related Performance Components. Journal of Physical Education and Sport ® (JPES), 17 Supplement issue 3, Art 141, pp. 925 - 930, 2017 Anwar, K. (2013). Pengembangan Latihan Ketepatan Tendangan dalam Sepakbola untuk Anak Kelommpok Umur 13-14 Tahun. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia. Volume 3. Nomor 2. Edisi Desember 2013. ISSN: 2088-6802. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/miki Arifin, S. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Beriman, et.al. (2018). The effects of explosive limb muscle strength, eye-foot coordination and self-confidence in shooting skills. Journal of Indonesian Physical Education and Sport Vol. 4, No.2, November 2018. PPs UNJ Publisher Borg, W.R. and Gall M.D. (1989). Educational Research : An Introduction. Fifthty Edition. Newyork : Longman Buck, L. (2013). Location versus distance in determining movement accuracy. Journal of motor behaviour volume 14, - issue 4. Retrieved from https://doi.org/10.1080/00222895.1982.10735281.Borg W.R., & Gall M. D. (1983). Educational Reasearch : Un Introduction, Fifth Edition. New York : Longman Chayatie, A. N. (2010). 112 Game untuk training dan outbond. Yogyakarta: Kata hati Harsono. (2015). Kepelatihan Olahraga Teori dan Metodologi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Hopper, B., Grey, J., Maude, T. (2005). Teaching Phisical Education in the Primary School. Francis e-library. Hurlock, E., B. (1978). Child Development (6 th ed). New York: Mc.GrawHill, Inc Iermakov, S. (2017). Influence of motor coordination indicators on efficiency of game activity of volleyball players at the stage of specialized basic training. Journal of Physical Education and Sport 17(4), Art 301. Retrieved from https://efsupit.ro/index.php/9-uncategorised/88-vol-17-nr4-december-2017. Ilham, M. (2014). Hubungan Kekuatan Otot Lengan Dan Keseimbangan Tangan Dengan Ketepatan Memanah. Jurnal Sport Pedagogy Vol. 4. No. 2. Agustus 2014. Retrieved From www.jurnal.unsyiah.ac.id/JSP/article/download/7301/6001. Irianto, D. P. (2002). Dasar kepelatihan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu 99 Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Ismaryanti. (2008). Tes dan pengukuran olahraga Surakarta: UNS Press. Manners H. K., & Carrol M. E. (2004). A Framework from Physical Education in the Early Years. Francis e-library. Manuel, J. C. B. (2015). Assessment of motor coordination in students aged 6 to 11 years. Journal of Physical Education and Sport 15(4), Art 117. Retrieved from https://efsupit.ro/index.php/9-uncategorised/75-vol-15issue-4-december-2015. May, L., Adam, K., Kenneth, L., & Caroline, S. (2008). How to Multiply Your Child’s Intelligence. (terjemahan Christine Sujana) Yogyakarta : PT. Indeks (Buku asli diterbitkan tahun 2003) Mitra Rouhi. Iranian Traditional games pedagogy and their importance in improving physical and psychological aspects of elementary school students. Journal of American Science 2012 ;8(9):429-435]. (ISSN: 15451003). http://www.jofamericanscience.org. Muchlisin, A. B. (2009). Fun Outbound. Merangcang Kegiatan Outbound yang Efektif. Jogyakarta. DIVA Press Muchlisin, A. B. (2009). Fun Outbound. Yogyakarta: DIVA Press Muri, Y. (1982). Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Ghalia Indonesia Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya Libertus, K.; Violi, D. A. (2016). Relation between motor skills and language development in Infancy. Frontiers in Psychology, 7(75). Journal of Physical Education and Sport ® (JPES), Vol 19 (Supplement issue 1), Art 21, pp.143 - 147, 2019. Retrieved from https://efsupit.ro/images/stories/ianuarie2019/Art%2021.pdf Oren, A. (2008). The use of board games in child psychotherapy. Journal volume 34, 2008 – issue 3. Retrieved from https://doi.org/10.1080/00754170802472893 123 Platonov, V. N. (2015). System of sportsmen’s training in Olympic sports. Kiev: Olympic Literature. (in Russian). Retrieved from https://efsupit.ro/images/stories/october2018/Art%20288.pdf Rahmawati, S. (2002). “Mencetak anak cerdas dan kreatif” kumpulan artikel KOMPAS. Jakarta : Kompas Rahyubi, H. (2012). Teori-teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik. Bandung: Nusa Media. Rulam, Ahmadi. (2014). Pengantar Pendidikan. Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA Santosa, G. (2013). Ilmu Kesehatan Olahraga. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Santosa, G., & Zafar, S. (2013). Ilmu Faal Olahraga. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Sher, B. (2009). Smart play for kids 101 permainan & outbound yang mencerdaskan anak. (Terjemahan) Yogyakarta: Bookmarks Sholatul Hayati, et.al. (2017). Effect of traditional games, learning motivation and learning style on childhoods gross motor skills. International Journal of Education and Research Vol. 5 No. 7 July 2017. https://www.ijern.com/journal/2017/July2017/05.pdf Sisca, M. H. (2012). Aneka permainan outbond untuk kecerdasan dan kebugaran. Yogyakarta: Bintang Cemerlang Siswanto, Victorianus Aries. (2012). Strategi dan langkah-langkah penelitian. Yogyakarta : Graha Ilmu Soeaidy, S., & Zulkhair. (2001). Dasar Hukum Perlindungan Anak. Jakarta: CV. Novindo Pustaka Mandiri Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif & R&D. Bandung: Alfabeta Suharjana. (2013). Kebugaran Jasmani. Yogyakarta: Jogja Global Media Suherman, W. S. (2004). Kurikulum Berbasis Kompentensi Pendiikan Jamani Teori dan Praktek Pengembangan. Yogyakarta: FIK UNY Sukadiyo, K. (2014). Pengembangan model pembelajaran motorik dengan pendekatan bermain menggunakan agility ladder untuk anak sekolah dasar. Jurnal Keolahragaan, Volume 2 – Nomor 2, 2014 Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara. Susanta, A. (2010). Outbound Profesional. Yogyakarta: Andi Offset Susanti., Febriana W., & Sujiyanti. (2014). Mencetak anak juara. Yogyakarta: Kata Hati. Sutoto, P., Agung, M., & Siti, A. (1993). Pendidikan Permainan Anak dan Aktivitas Ritmik. Jakarta: Depdikbud, Universitas TerbukaSuprijono, A. (2012). Cooperative learning teori & aplikasi paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Tedjasaputra, M., S. (2001). Bermain, mainan, dan permainan untuk pendidikan anak Usia dini. Jakarta: Grasindo Thobroni. M, Mumtaz F. (2011). Mendongkrak Kecerdasan Anak Melalui Bermain dan Permainan. Yogyakarta: Katahati Wiarto, G. (2013). Fisiologi dan Olahraga. Yogyakarta : Graha Ilmu Widiastono, T. D. (2001). “Hati-hati Memilih Buku Bacaan Anak-Anak” dalam Sekolah Alternatif Untuk Anak (Sinta Ratnawati ed.). Jakarta : Kompas Widyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Belajar Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Zakiyah. (1978). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang Ziagkas, E. (2017). Investigating the role of ipsilateral and contralateral eye-hand dominance in tennis serve accuracy of amateur tennis players. Journal of Physical Education and Sport 17(2), Art 132. Retrieved from https://efsupit.ro/index.php/9-uncategorised/79-vol-16-issue-4-december2016 citation: Nugroho, Abdurrakhman Haryo and Suharjana, Suharjana (2019) Pengembangan Model Aktivitas Jasmani Melalui Permainan Sederhana Untuk Meningkatkan Koordinasi Dan Ketepatan Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/65962/1/Cover.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65962/2/BAB%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65962/3/BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65962/4/BAB%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65962/5/BAB%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65962/6/BAB%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65962/7/Daftar%20Pustaka.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65962/8/Lampiran.pdf