eprintid: 65956 rev_number: 23 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/06/59/56 datestamp: 2019-09-20 07:22:40 lastmod: 2021-11-08 04:46:59 status_changed: 2019-09-20 07:22:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Muratama, Muhammad Satriadi creators_name: Farozin, Moh title: Efektivitas Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Disiplin dan Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas X IPA di SMA Negeri 1 Wanasaba, Lombok Timur. ispublished: pub subjects: pasca_sarjana subjects: pend_konseling divisions: pps_bk full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan teknik self-management dalam bimbingan kelompok terhadap peningkatan: (1) disiplin belajar, (2) tanggung jawab belajar, dan (3) disiplin dan tanggung jawab belajar siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Wanasaba, Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen melalui design non-equivalent control group. Populasi penelitian adalah 130 siswa dari empat kelas. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Uji coba instrumen di 3 kelas melibatkan subjek uji coba sebanyak 96 siswa. Sampel penelitian sebanyak 65 siswa yang terdiri dari kelas X IPA 1 dan X IPA 4. Penentuan sampel dilakukan dengan cara memilih kelas secara langsung guna memperoleh imformasi tentang disiplin dan tanggung jawab belajar siswa. Data hasil penelitian ini berupa respon jawaban siswa dianalisis menggunakan program SPSS versi 18.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik self-management dalam bimbingan kelompok efektif dalam: (1) peningkatan disiplin belajar siswa, (2) tanggung jawab belajar siswa, dan (3) disiplin dan tanggung jawab belajar siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Wanasaba, Lombok Timur. Kata kunci: bimbingan kelompok, self-management, disiplin belajar, tanggung jawab belajar. date: 2019-05-06 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Bimbingan Konseling thesis_type: tesis referencetext: Achmad, R., & Anni, C. R. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang: Press. Agustin, L., Sutardjo, A.W., & Rahayu, M. S. (2017). Konseling Kelompok Berbasis Teknik Self-Management Tazkiyatun Nafsi: Suatu Intervensi Psikologi Dalam Peningkatan Self-Direction In Learning Siswa. Jurnal Psikologi, 13(1), 1-12. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi. Alamri, N. (2015). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self-Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1). Anggraini, F. (2008). Analisis Peran Auditor Internal Terhadap Peningkatan Pengendalian Intern dan Kinerja Perusahaan. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2008). Psikologi Belajar (2nd ed.). Jakarta: Rineka Cipta. Aiken, L. R.(1985).Three Cofficiets for Analyzing the Reliability, and validity of Ratings. Educationl and Psychlogical Measurement, 131-142. Aisyah. A,. Nusantoro. E,. & Kurniawan. K. (2014). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten. Indonesia Journal Of Guidance and Counseling, 3(3), 44-50. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk Akatdianto, A., Sutama, & Subadi, T. (2012). Penerapan Strategi Course Review Hooray Dalam Pembelajaran Matematika Pada Bangun Datar Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Prestasi Belajar. http://eprints.ums.ac.id/19444/15/10. Amir, M. A. A. (2014). Pendekatan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavioral Therapy Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Jurnal International in Workshop on Guidance and Counseling, 15(16), 1-10. http://www.academia.edu/download/37469617. Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 173 _________. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta _________. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: CV Rineka Cipta. Azwar. S. (2012). Reliabiltas dan Validitas (4th ed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. _______. (2013). Penyusunan skala psikologi (2ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. _______ (2015). Reliabilitas Dan Validitas, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. _______. (2016). Reliabelitas dan Validitas (4th ed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. _______. (2017). Penyusunan Skala Psikologi (2nd ed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cece, W,. & Rusyan, T. (1994). Kemampuan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja rosdakarya. Clemes, H., & Bean, R. (2001). Melatih Anak Bertanggung Jawab. Alih bahasa: Anton Adiwiyoto. Jakarta: Mitra Utama. Comier, L. J., & Comier, L. S. (1985). Interviewing Strategies for Helpers (2nd ed). California: Brocks Cole Publishing Company. Corey, G. (1977). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy, Monterey. California: Eresco. _______. (1982). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy, Monterey. California: Brooks/Cole Publishing Company. _______. (2013). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (9th ed). USA: Brooks/cole, cengange learning. Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (4th ed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Curry. S.J, & Whitlock. E.P. (2015). Behavioral Counseling Interventions Expert Forum Overview and Primer on U.S. Preventive Service Task Force metods. American Journal of Preventive Medicine, 3(2). 129-137. http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/. Deakin, J., Taylor, E., & Kupchik, A. (2018). The Palgarave International Handbook Of School Discipline, Surveillance, and Social Control. Switzerland: Palgarave Macmillan. 174 Elviana, P. S. O,. & Murdiono, M. (2017). Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Hasil dan Sikap Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran PKn. Jurnal Civics, 14(1). 33-50. DOI httpsdoi.org10.21831civics.v14i1.14560 Elizabeth. B, & Hurlock (2002: 91). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (5 th ed). Jakarta: Erlangga. Fauzi, F. R. (2016). Penggunaan Metode Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(5), 209-216. http://journal.student.uny.ac.id. Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Gading, I. K,. Nisa, U,. & Lestari, P. S (2017). Keefektifan Konseling Behavioral Teknik Modeling dan Konseling Analisis Transaksional Teknik Role Playing untuk Meminimalkan Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(4). 157-164. doi.org/10.17977/um001v2i42017p157 Gharaibeh, B., Smadi, A. M. A., & Boyle, D. (2017). Psychometric Properties and Characteristics Of Diabetes Self Management Scale. International Journal of Nursing Sciences, 4(1), 1-8. http://dx.doi.org/10.1016/j.ijnss. Gianni, R., Pearson, J., & Reber, B. (2019). Responsible Research and Innovation; From Concepts to Practice. New York: Routledge. Gie, T. L. (2000). Cara Belajar yang Baik Bagi Mahasiswa (2nd ed). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Gorbunovsa, A., Kapenieksb, A., & Cakulac, S. (2016). Self-discipline as a key indicator to improve learning outcomes in elearning environment. Procedia Social and Behavioral Sciences, 231, 256–262. http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/. Gultom, L,. & Siahaan M. F. (2016). Penerapan Reward dan Konsekuensi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas II SD Sekolah Kristen ABC. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT, 2(12). 100-115. DOI httpdx.doi.org10.19166pji.v12i2.368 Gunarsa. S. D. (2004). Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia. Hallen, A. (2005). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Quantum Teaching. 175 Hamdun, D. (2013). Bimbingan dan konseling. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunnan kalijaga Harvey, P. W. (2011). Self-Management and Health Care Consumer. New York: Nova Science Publisher, Inc. Hasibuan. M. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Helena, H. W. (2017). Inclusive Teaching Strategies For Discipline Based English Studies. Singapore: Pte Ltd. Hurlock. E. B. (2003). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga. Itkunminannar. N. (2016). Hubungan Bimbingan Orangtua dan Guru Dengan Tanggung Jawab Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1050-1061. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index. Josepshon,. Peter,. & Dowd. (2003). Menumbuhkan 6 Sikap Remaja Idaman. Bandung: KAIFA. Jung, K. R., Zhou, A. Q., & Lee, R. M. (2017). Self-efficacy, self-discipline and academic performance: Testing a contextspecific mediation model. Learning and Individual Differences, 60, 33–39. http://dx.doi.org/10.1016/j.lindif.2017.10.004. Kadambari, D., Kumar, S., & Parija, S. C (2018). Improving Discipline Based Undergraduate Medical Curiculum. Singapore: Pte Ltd. Kamaruzzaman, R. (2016). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Proyeksi. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, 2(2). 1-8. ISSN 2442-9775. file:///C:/Users/Adi/Downloads/576-1112-1-SM. Kanfer, F. H. (1980). Self Management Method in Helping People Change (2nd ed). New York: Pergamon Press. Kessler, D., & Liddy, C. (2017). Self Management Support Programs For Persons With Parkingson’s disease: An Integrative Riview. Patient Education and Counseling, 1-9. http://dx.doi.org/10.1016/j.pec.2017.04.011. Khalsa, S. (2008). Pengajaran dan Disiplin Harga Diri. Jakarta. PT. Indeks 176 Kim, H,. & Yang, H. (2016). An Online Self-Adaptive System Management Technique for Multi-Core Systems. Procedia Computer Science, 83. 417 – 424. doi: 10.1016/j.procs.2016.04.204 Komalasari, G., Wahyuni, E., & karsih. (2016). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks. Kusasti, A. Manusia dan Tanggung Jawab. Diambil dari https://www.academia.edu/9384609/ Manusia_dan_Tanggung_Jawab, pada tanggal 15 November 2017. Pukul 18: 34 WIB. Laheri, P. E. (2015). Tanggung Jawab Negara Terhadap Kerugian Wisatawan Berkaitan Dengan Pelanggaran Hak Berwisata Sebagai Bagian Dari Hak Asasi Manusia. Udayana Master Law Journal, 4(1). 126-137. DOI httpsdoi.org10.24843JMHU.2015.v04.i01.p10 Latipun. (2015). Psikologi Konseling (4th ed). Malang: UMM Press Lickona, T. (2013). Character Matters: Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian Yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya. Jakarta: Bumi Aksara. Makhfud. (2011). Hubungan Antara Menejemen Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Aktivis Bem IAIN Sunnan Ampel Surabaya. Skripsi, tidak diterbitkan, IAIN Sunnan Ampel Surabaya, Surabaya. Machali, I. (2016). Statistik Manajemen Pendidikan : Teori dan Praktik Statistik dalam Bidang Pendidikan, Penelitian, Ekonomi, Bisnis, dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Yogyakarta: Kaukaba. Majid, A. (2017). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. Mansell, G,. Hall, A,. & Toomey, E. (2017). Behavior Change and Self-Management Intervention In Persistent Low Back Pain. Journal Best Practice & Research Clinical Rheumatology, 3(6). 1-9. http://dx.doi.org/10.1016/j.berh.2017.07.004 Marbach, G., Egan, L. C., & Thompson. (2015). A Discipline Based Teaching and Learning Center. Switzerland: Springer Mardapi, D. (2017). Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan (2nd ed). Yogyakarta: Parama Publishing. 177 Marijan. (2012). Metode Pendidikan Anak. Yogyakarta: Sabda Media. Martz, E. (2018). Promoting Self-Management Of Chronic Health Condition; Theories and Practice. New York: Oxford University Press. Miltenberger, R. G (2012). Behavior Modification: Principles and Procedures (5th ed). Canada: Nelson Education, Ltd. Moenir. (2016). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara Monica, M. A., & Gani, R. A. (2016). Efektivitas Layanan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self-Management Untuk Mengembangkan Tanggung Jawab Belajar Pada Peserta Didik Kelas Xi Sma Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 171-186. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli Muchtar. E (2016). Pengaruh Minat Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Workshop & Sertifikasi Akuntansi. Knit-2 Nusa Mandiri. ISBN: 978-602-72850-1-9. 293-301. Mulyasa, E. (2008). Kurikulum Yang Berbasis Kompetensi (Konsep, Karakteristik, Implementasi, danInovasi). Bandung: Remaja Rosdakarya. Munir, A. (2010). Pendidikan Karakter. Yogyakarta : PT Bintang Pustaka Abadi. Musil, C. M,. Givens, S. E,. Jeanblanc, A. B,. & Zauszniewski, J. A (2016). Grandmothers and Self-Management of Depressive Symptoms, Journal Archives of Psychiatric Nursing, 4(7). 1-7. doi.org/10.1016/j.apnu.2016.11.008 Mustaqim. (2008). Psikologi Pendidikan., Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Mustari, M. (2011). Nilai Karakter. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo. Narbuko, C., & Achmadi, A. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara. Nasution, S. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Nazir. (1988). Metode Penelitian. Bandung: Remaja Rosda Karya 178 Novita, D. (2010). Kemampuan Menejemen Diri Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling di Universitas Negeri Semarang. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Semarang, Semarang. Nurfitasari, N., Wibowo, M. E., & Sugiharto, D. Y.P. (2014). Implementasi Layanan Konseling Kelompok di SMPN Sekapbupaten Pati. Indonesian Journal Of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(1). 65-72. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.phd.jbk. Nursalim. M. (2013). Strategi dan Intervensi Konseling. Jakarta: Akademia Permata. Oemar, H. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Patrignani, N., & Whitehouse, D. (2018). A Responsible Sustainable and Ethical Approach. Switzerland: Gwerbestrasse. Peels, R. (2017). Responsible Belief; A Theory In Etnics and Epistemology. New York: Oxford University Press. Prayitno,. & Amti, E. (2009). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta _______. (2015). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling ” Seri Panduan Layanan dan Kegiatan Pandukung Konseling‟. Padang: Program Pendidikan Profesi Konselor Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang Prijosaksono, A. (2001). Self Mangement Series. Jakarta : Gramedia. Purwati, S., Sugiyo., & Tajri, I. (2012). Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Fun Game Untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara Didepan Kelas. Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2). 81-87. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk Purwanto, N. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Rahmadian, A. A. (2011). Kreativitas Dalam Konseling. Makalah disajikan pada Seminar International Impact Counseling. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Rachmawati, T., & Daryanto. (2015). Teori Belajar dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media. 179 Ratnawati, H. (2016). Validasi reabilitas dan karakteristik butir. Yogyakatra: Parama Publishing. Remund, D. L. (2015). The Art Of Responsible Communication Leading With Values Everyday. New York: Business Expert Press. Riansyah, H., & Wulandari. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Intraksi Sosial Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1), 47-52. https://ejournal-bk.unindra.ac.id/index.php/teraputik/ Rianto, J. (2012). Peningkatan Keberanian dan Tanggung Jawab Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Cooperative Script (PTK Siswa Kelas VII di MTs PPMI Assalaam). Naskah Publikasi. http://eprints.ums.ac.id/19712/21/. Riduwan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta. Rogers, B. (2011). Strategies for positive and effective behaviour management and discipline in schools (3rd ed). Australia: Acer Press. Sandjaja., and Heriyanto, A. (2006). Panduan Penelitian. Jakarta: Prestasi Pustaka. Saputro, S. T. (2012). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akutansi 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 78-97. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/923/734. Sassen, B. (2014). Nursing Health Educationand Improving Patient Self- Management. Switzeland: Springer. Schneiders. (1984). Personal Adjustment and Mental Healt. New York: Holt. Setyawan, T. (2013). Peningkatan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Problem Based Learning Pada Siswa SMP. Naskah Publikasi. http://eprints.ums.ac.id/23199/12. Shernoff, D. J. (2013). Advancing Reisponsble Adolescent Development. New York: Springer Science. Sholihah. N., Hariastuti. R. T., Setiawati. D.. et al. (2013). Penerapan Strategi Self Management Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Pada Siswa Tunadaksa 180 Cerebral Palcy Kelas IV SDLB-DYPAC Surabaya. Jurnal BK Unesa, 3(1), 1-13. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/5256/13/article. Siradj, S. (2012). Pengantar Bimbingan dan Konseling. Surabaya: PT.Revka Petra Media. Son, Y,. & Jung, J. W (2015). Self-Management Technique for Adaptive Robot Software based on Task Environment Similarity. Journal Procedia Computer Science, 56. 538-543. doi: 10.1016/j.procs.2015.07.248 Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Subali, B. (2016). Pengembangan Tes Beserta Penyelidikan Validitas dan Reliabelitas Secara Emperis. Yogyakarta: UNY Press. Sudani, N. K., et al. (2013). Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik Pemodelan Untuk Meningkatkan Perilaku Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukasada Diambil dari http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/viewFile/765/638 pada tanggal 15 November 2017. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfebeta. ________. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. ________. (2015). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabetha. ________. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfebeta. Sumantri. B (2010). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Smk Pgri 4 Ngawi Tahun Pelajaran. Media Prestasi, 1(3), 117-131. Suryadi. (2006). Kiat Jitu dalam Mendidik Anak (Berbagi Masalah Pendidikan dan Psikologi Anak Usia Dini). Jakarta: Dani Jaya Abadi. Susianti, Werdinigsih, F., & Sujiyanti. (2014). Mencetak Anak Juara. Yogyakarta: Katahati. Sutikno, M. S. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta Holistica. 181 Sutrisno. E. ( 2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana. Suwanto, I (2016). Konseling Behavioral Dengan Teknik Self-Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1). 1-5. p-ISSN: 2477-5916 e-ISSN: 2477-8370 Syah, M. (2012). Psikologi Belajar (12 ed). Jakarta: Raja Grafindo Persada. Tayibnapis, F., Y. (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi Untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Ternström, E,. Hildingsson, I,. Haines, H,. & Karlström, A (2017). A randomized controlled study comparing internet-based cognitive behavioral therapy and counselling by standard care for fear of birth – A study protocol. Journal Sexual & Reproductive Healthcare, 13. 75-82. doi.org/10.1016/j.srhc.2017.06.001 Tirtarahardja, U., & Sulo, L. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Rajawali Pers. Tu’u, M. (2008). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : Grasindo Ugurlu, C. T., Beycioglu, K., Kondakcı, Y., Sincar, M., Yıldırım, M. C., Ozerf, N., & Oncel, A. (2015). The Views Of Teachers Towards Perception Of Discipline In Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197, 120 – 125. http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/. Ulfa, D,. Wibowo, M. E,. & Sugiyo (2015). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Dengan Layanan Konseling Individual Berbasis Self-Management Pada Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Pemalang. Indonesia Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(2), 56-64. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk. Walker, J., & Shea, T. M. (1984). Behavior Management a Practical Approach for Education. Columbus: Merrill Publishing. Watson, D. L., & Tharp, R. G. (2007). Self-directed behavior: Self-modification for personal adjustment (9th ed.). Belmont, CA: Wadsworth, Cengage Learning. 182 Widoyo. E. P. (2014). Penelitian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Wulandari, N. P. A. (2013). Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Yang Memiliki Tanggung Jawab Belaja Rendah. Diambil dari http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/viewFile/757/630 pada tanggal 15 November 2017. Yang, H. K. H. (2016). An Online Self-Adaptive System Management Technique for Multi-Core Systems. Procedia Computer Science, 83, 417 – 424. http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/. Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasinya. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakte konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. Zuchdi, D., et al. (2013). Pendidikan Karakter Konsep Dasar dan Implementasi di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: UNY Press. citation: Muratama, Muhammad Satriadi and Farozin, Moh (2019) Efektivitas Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Disiplin dan Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas X IPA di SMA Negeri 1 Wanasaba, Lombok Timur. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/65956/1/Cover.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65956/2/BAB%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65956/3/BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65956/4/BAB%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65956/5/BAB%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65956/6/BAB%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65956/7/Daftar%20Pustaka.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65956/8/Lampiran.pdf