%0 Thesis
%9 S1
%A Fachri, Muhammad
%B Fakultas Teknik
%D 2019
%F UNY:65939
%I Universitas Negeri Yogyakarta
%K video animasi, total station, pengukuran detail peta
%T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PENGGUNAAN TOTAL STATION UNTUK PENGUKURAN DETAIL PETA  PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM GEOMATIKA II DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
%U http://eprints.uny.ac.id/65939/
%X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan konsep video animasi  pembelajaran penggunaan total station untuk pengukuran detail peta; (2)  menghasilkan rancangan video animasi pembelajaran penggunaan total station  untuk pengukuran detail peta; (3) mengetahui tingkat kelayakan video animasi  pembelajaran penggunaan total station untuk pengukuran detail peta menurut ahli  materi, media, dan penilaian mahasiswa; (4) menyebarluaskan video animasi  pembelajaran penggunaan total station untuk pengukuran detail peta.  Penelitian ini termasuk dalam jenis Research and Development (R&D) yang  mengacu pada model pengembangan 4D (four-D) yang dikemukakan oleh  Thiagarajan. Penelitian ini meliputi 4 tahap, yaitu: (1) tahap pendefinisian (define);  (2) tahap perancangan (design); (3) tahap pengembangan (develop), dan (4) tahap  penyebaran (desseminate). Instrumen yang digunakan adalah angket dengan  skala 4. Angket tersebut digunakan dalam proses validasi ahli dan penilaian  pengguna (mahasiswa). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini  adalah analisis secara kuantitatif.  Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis video  animasi memperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) telah dikembangkan konsep  video animasi pembelajaran dan menghasilkan 4 pokok bahasan yaitu:  pengenalan alat total station, K3LH, kebutuhan alat, dan langkah kerja; (2) telah  dikembangkan rancangan video animasi pembelajaran pengukuran detail peta  menggunakan total station yang menghasilkan video pembelajaran dengan format  mp4 yang berdurasi 14 menit; (3) berdasarkan penilaian ahli materi masuk dalam  kategori “Sangat Layak” dengan jumlah skor 68 dan persentase kelayakan  85,00%; berdasarkan penilaian ahli media masuk dalam kategori “Sangat Layak”  dengan jumlah skor 118 dan persentase kelayakan 84,29%; berdasarkan penilaian  mahasiswa masuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan jumlah skor 2795 dan  persentase kelayakan 86,27%; (4) penyebaran dilakukan dengan dua cara yaitu  secara offline dan online.