@phdthesis{UNY65939,
          school = {Universitas Negeri Yogyakarta},
            year = {2019},
           title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PENGGUNAAN TOTAL STATION UNTUK PENGUKURAN DETAIL PETA
PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM GEOMATIKA II DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN},
          author = {Muhammad Fachri},
           month = {September},
        keywords = {video animasi, total station, pengukuran detail peta},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan konsep video animasi
pembelajaran penggunaan total station untuk pengukuran detail peta; (2)
menghasilkan rancangan video animasi pembelajaran penggunaan total station
untuk pengukuran detail peta; (3) mengetahui tingkat kelayakan video animasi
pembelajaran penggunaan total station untuk pengukuran detail peta menurut ahli
materi, media, dan penilaian mahasiswa; (4) menyebarluaskan video animasi
pembelajaran penggunaan total station untuk pengukuran detail peta.
Penelitian ini termasuk dalam jenis Research and Development (R\&D) yang
mengacu pada model pengembangan 4D (four-D) yang dikemukakan oleh
Thiagarajan. Penelitian ini meliputi 4 tahap, yaitu: (1) tahap pendefinisian (define);
(2) tahap perancangan (design); (3) tahap pengembangan (develop), dan (4) tahap
penyebaran (desseminate). Instrumen yang digunakan adalah angket dengan
skala 4. Angket tersebut digunakan dalam proses validasi ahli dan penilaian
pengguna (mahasiswa). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini
adalah analisis secara kuantitatif.
Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis video
animasi memperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) telah dikembangkan konsep
video animasi pembelajaran dan menghasilkan 4 pokok bahasan yaitu:
pengenalan alat total station, K3LH, kebutuhan alat, dan langkah kerja; (2) telah
dikembangkan rancangan video animasi pembelajaran pengukuran detail peta
menggunakan total station yang menghasilkan video pembelajaran dengan format
mp4 yang berdurasi 14 menit; (3) berdasarkan penilaian ahli materi masuk dalam
kategori ?Sangat Layak? dengan jumlah skor 68 dan persentase kelayakan
85,00\%; berdasarkan penilaian ahli media masuk dalam kategori ?Sangat Layak?
dengan jumlah skor 118 dan persentase kelayakan 84,29\%; berdasarkan penilaian
mahasiswa masuk dalam kategori ?Sangat Layak? dengan jumlah skor 2795 dan
persentase kelayakan 86,27\%; (4) penyebaran dilakukan dengan dua cara yaitu
secara offline dan online.},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/65939/}
}