@phdthesis{UNY65930, school = {Program Pascasarjana}, year = {2019}, month = {May}, title = {Pengembangan Media Laboratorium Virtual Berbasis Inkuiri Pada Materi Kesetimbangan Kimia dan Efektivitasnya terhadap Kemampuan Inkuiri dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA.}, author = {Dinda Nadia Mutiara Ifthinan and Sri Atun}, url = {http://eprints.uny.ac.id/65930/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media Laboratorium Virtual (LAVIA) berbasis inkuiri pada materi kesetimbangan kimia untuk peserta didik kelas XI SMA; (2) menguji kelayakan media yang dikembangkan tersebut; (3) menguji perbedaan antara kemampuan inkuiri dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI SMA yang menggunakan dan yang tidak menggunakan media tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada 10 tahapan pengembangan Borg \& Gall. Produk yang dikembangkan adalah media LAVIA berbasis inkuiri yang dinilai oleh ahli media, ahli materi, pendidik kimia, peer reviewer, dan di ujicobakan pada peserta didik. Sampel yang digunakan pada uji pelaksanaan lapangan adalah dua kelas, satu kelas digunakan sebagai kelas eksperimen dengan penerapan media LAVIA berbasis inkuiri, sedangkan kelas lainnya sebagai kelas kontrol yang tidak menerapkan media tersebut. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket kemampuan inkuiri, dan soal hasil belajar kognitif yang telah divalidasi sebelumnya. Analisis data yang digunakan adalah MANOVA, untuk menguji perbedaan kemampuan inkuiri dan hasil belajar kognitif dengan adanya penerapan media tersebut. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Media LAVIA berbasis inkuiri merupakan media yang dapat dioperasikan dalam perangkat berbasis Windows, dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, yang menyajikan kegiatan praktikum secara virtual; (2) berdasarkan hasil penilaian dari pendidik kimia, peer reviewer, peserta didik uji coba lapangan awal, dan peserta didik uji coba lapangan, media tersebut termasuk dalam kategori sangat baik; (3) Ada perbedaan kemampuan inkuiri dan hasil belajar kognitif antara peserta didik yang menggunakan dan yang tidak menggunakan media tersebut.} }