%T UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X BUSANA BUTIK PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN DI SMK N 3 KLATEN %X Tujuan penelitian ini adalah mengetahui upaya guru dalam meningkatkan motivasi siswa kelas X busana butik pada mata pelajaran dasar desain di SMK Negeri 3 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Setting penelitian mengambil tempat di SMK Negeri 3 Klaten dengan sampel sebanyak 81 siswa. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan observasi dan angket. Validitas instrument dalam penelitian ini menggunakan validitas konstruk yang dianalisis menggunakan rumus product moment. Reabilitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori rendah dari aspek memberi sentuhan lembut dengan presentase (86,43%) dan memberi hadiah dengan presentase (43,21%). Guru yang kompeten dan humoris dengan presentase (54,33%). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori sedang dari aspek memberi pujian dan penghormatan dengan presentase (71,6%), Siswa mengetahui prestasi belajarnya dengan presentase (66,67%), Belajar menggunakan multi metode dengan presentase (39,5%). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa termasuk kategori tinggi dari aspek siswa memperoleh pemahaman (comprehension) mengenai proses pembelajaran dengan presentase (69,14%), Siswa memperoleh kesadaran diri (self consciousness) terhadap pembelajaran dengan presentase (45,69%), Menyesuaikan tujuan pembelajaran dengan kebutuhan link of match dengan presentase (30,85%), Adanya iklim belajar yang kompetitif secara sehat dengan presentase (51,85%), Belajar menggunakan multi media dengan presentase (45,69%), Suasana lingkungan sekolah yang sehat dengan presentase (34,58%). %I Universitas Negeri Yogyakarta %A El Na Elisa %K upaya guru, motivasi %L UNY65903 %D 2019