TY - THES Y1 - 2019/08/22/ KW - Pendekatan Scientific Learning KW - Prestasi hasil Belajar UR - http://eprints.uny.ac.id/65902/ ID - UNY65902 PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Juliyanti, Ivon Dwi TI - PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN SISWA KELAS X BUSANA DI SMK DIPONEGORO AV - public M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Prestasi Belajar siswa kelas X Busana Pada mata pelajaran Dasar Desain sebelum menerapkan pendekatan Saintifik Learning secara maksimal. (2)Prestasi Belajar siswa kelas X Busana Pada mata pelajaran Dasar Desain setelah menerapkan pendekatan Saintifik Learning secara maksimal. (3)Pengaruh pendekatan saintifik learning terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Desain secara maksimal. Pendekatan penelitian ini menggunakan pre-eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa kelas X Busana di SMK Diponegoro. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Instrumen Tes dan Non tes. Analisis data menggunakan analisis desktiptif. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas. uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil Penelitian menunjukan bahwa : (1) Prestasi hasil belajar pada mata pelajaran Dasar Desain sebelum diterapkan pendekatan Scientific Learning secara maksimal pada siswa diperoleh data siswa yang belum tuntas sebanyak 21 siswa atau 77% yang belum mencapai kriteria ketuntasan dan sebanyak 6 siswa atau 23% yang sudah mencapai kriteria ketuntasan dengan jumlah keseluruhan siswa sebanyak 27 siswa. (2) Prestasi hasil belajar pada mata pelajaran Dasar Desain sesudah diterapkan pendekatan Scientific Learning secara maksimal pada siswa mengalami peningkatan dari nilai saat pretest, diperoleh data siswa sebanyak 22 siswa atau 81% yang sudah tuntas, dan ada 5 siswa atau 19% yang belum mencapai kriteria ketuntasan atau belum tuntas dengan keseluruhan siswa berjumlah 27 siswa (3)Terdapat pengaruh penerapan Scientific Learning terhadap prestasi hasil belajar siswa, didapatkan bahwa nilai sig (2-tailed) adalah 0,00 dimana nilai tersebut < 0,05 , maka terdapat perbedaan antara nilai pretest dan post test. kesimpulan bahwa apabila hasil nilai posttest mengalami peningkatan maka pendekatan scientific Learning yang dilakukan secara maksimal berpengaruh terhadapa hasil belajar siswa. ER -