%0 Thesis %9 S1 %A Jannah, Aisyiyah Fathul %B Pendidikan Administrasi Perkantoran %D 2019 %F UNY:65888 %I Fakultas Ekonomi %K Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Kesiapan Berwirausaha %T PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/65888/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta, (2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta, dan (3) pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah 34 siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis terdiri atas uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis terdiri atas uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta dilihat dari koefisien rx1y=0,542, r2x1y=0,294, dengan nilai thitung > ttabel (3,651 > 2,037) pada taraf signifikansi sebesar 5%; (2) lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta dilihat dari koefisien rx2y=0,552, r2x2y=0,305, dengan nilai thitung > ttabel (3,748 > 2,037) pada taraf signifikansi sebesar 5%; (3) pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta dengan Ry(1,2)=0,624, R2y(1,2)=0,390, dan nilai Fhitung > Ftabel (9,904 > 3,290) pada taraf signifikansi sebesar 5%. Sumbangan efektif pendidikan kewirausahaan sebesar 17,03% dan lingkungan keluarga sebesar 21,97% sedangkan 61% dipengaruhi oleh variabel lain yang mempengaruhi kesiapan berwirausaha yang tidak diteliti dalam penelitian ini.