%T PENGAMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ANIMASI 2 DIMENSI UNTUK SISWA KELAS XI MULTIMEDIA %D 2019 %I Universitas Negeri Yogyakarta %X Penelitian ini dilatar belakangi karena metode pembelajaran yang digunakan belum sesuai dengan karakteristik mata pelajaran animasi 2 dimensi, siswa kesulitan menerima materi pelajaran animasi 2 dimensi karena belum adanya bantuan ilustrasi, kurangnya media pembelajaran interaktif yang menarik minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif animasi 2 dimensi untuk siswa kelas XI SMK Multimedia; (2) menguji tingkat kelayakan media dan materi media pembelajaran interaktif animasi 2 dimensi untuk siswa kelas XI SMK Multimedia yang ditinjau dari aspek subject matter, pedagogy, auxiliary information, affective consideration, interface, navigation, dan robustness. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah research & development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan pengembangan yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengujian media dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan siswa yang bertindak sebagai pengguna. Uji pengguna dilakukan pada 30 siswa kelas XI Multimedia di SMK N 1 Pengasih. Alat pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) proses pengembangan media pembelajaran interaktif animasi 2 dimensi untuk siswa kelas XI SMK multimedia melalui lima tahapan yaitu tahap analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi; (2) media pembelajaran interaktif animasi 2 dimensi untuk siswa kelas XI SMK Multimedia mendapat penilaian 83,19% dari ahli materi, 87,50% dari ahli media dan 83,43% dari pengguna. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif animasi 2 dimensi sangat layak untuk membantu proses pembelajaran di SMK N 1 Pengasih. %K media pembelajaran, interaktif, animasi 2 dimensi %A Muhammad Hidayatullah Nabhan Pranotogoro %L UNY65882