%A Nena Afina %X Penelitian Tugas Akhir Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui proses penyusunan modul Konstruksi Atap Bangunan Gedung bagi siswa Kelas XIII KGSP di SMK Negeri 2 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan 4D models yaitu define, design, develop, dan disseminate. Metode pengumpulan data menggunakan angket penilaian ahli dan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Depok pada Jurusan Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan Kelas XIII. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) hasil dari observasi dan wawancara yaitu tidak adanya bahan belajar untuk Kelas XIII, aktivitas di kelas masih rendah, jumlah peserta didik 32 siswa, waktu pembelajaran 8 jam per pekan, terdapat 14 KD dalam satu semester dan mengumpulkan materi mengenai konstruksi bangunan gedung, (2) hasil dari pembuatan modul pembelajaran dalam bentuk cetak yang didesain secara interaktif, mendetail dan mudah dipahami ini berisikan halaman sampul, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, materi yang terdiri dari lima bab, kunci jawaban dan daftar pustaka, dengan ukuran kertas A4, berat kertas 80 gram, jenis huruf Arial, font tulisan 12, spasi 1,5 dan margin atas 4 cm, bawah 3 cm, kiri 4 cm, kanan 3 cm, (3) hasil kelayakan aspek materi mendapatkan skor 84,09 dan masuk kategori “sangat layak.” Sedangkan kelayakan media mendapatkan skor 93,75 dan masuk kategori “sangat layak”. Sementara, hasil kelayakan pengguna (guru) mendapatkan skor 79,54 dan masuk kategori “layak”, (4) hasil media modul pembelajaran diserahkan kepada guru pengampu mata pelajaran konstruksi gedung Kelas XIII program keahlian KGSP di SMK Negeri 2 Depok. %K Modul Konstruksi Bangunan Gedung, Kelayakan, SMK Negeri 2 Depok. %L UNY65878 %T PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG KELAS XIII KOMPETENSI KEAHLIAN KONSTRUKSI GEDUNG SANITASI DAN PERAWATAN DI SMK NEGERI 2 DEPOK %D 2019 %I Universitas Negeri Yogyakarta