eprintid: 65864 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 1278 dir: disk0/00/06/58/64 datestamp: 2019-09-16 02:55:47 lastmod: 2019-09-16 02:55:47 status_changed: 2019-09-16 02:55:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ashari, Maulana Ridho title: PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR ANALISIS SIFAT ELEMEN PASIF KELAS X SMK NEGERI 1 PLERET ispublished: pub subjects: t_elektro divisions: ft_jurdik_elko_pend_elko full_text_status: public keywords: Group Investigation (GI), Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Dasar Listrik Elektronika abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI) pada kompetensi dasar analisis sifat elemen pasif mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Pleret. (2) model pembelajaran yang lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar analisis sifat elemen pasif mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Pleret. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan pretest-posttest randomized control group design. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas X TITL C sebagai kelas GI dan 30 siswa TITL B sebagai kelas PBL. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Uji validitas instrumen dilakukan oleh expert judgement. Uji reliabilitas dihitung menggunakan KR-20 sedangkan uji hipotesis menggunakan Uji t. Hasil penelitian adalah: (1) Mean kelas yang menggunakan model pembelajaran GI adalah 53,67 (pretest), 84,67 (posttest) dan 0,7167 (gain); (2) Mean kelas yang menggunakan model pembelajaran PBL adalah 54,83 (pretest), 79,33 (posttest) dan 0,5117 (gain); Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar kelas model pembelajaran GI-PBL dengan t hitung 3,037 > t tabel 2,042 dan signifikansi 0,004 < 0,05. (2) Terdapat perbedaan signifikan peningkatan hasil belajar kelas model pembelajaran GI-PBL dengan t hitung 2,862 > t tabel 2,042 dan signifikansi 0,006 < 0,05. (3) Model pembelajaran GI memberikan peningkatan hasil belajar yang lebih baik. date: 2019-08-27 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Fakultas Teknik thesis_type: skripsi citation: Ashari, Maulana Ridho (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR ANALISIS SIFAT ELEMEN PASIF KELAS X SMK NEGERI 1 PLERET. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/65864/1/1.%20Cover.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65864/2/2.%20Abstrak.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65864/3/3.%20Bab%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65864/4/4.%20Bab%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65864/5/5.%20Bab%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65864/6/6.%20Bab%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65864/7/7.%20Bab%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65864/8/8.%20Daftar%20Pustaka.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65864/9/9.%20Lampiran.pdf