%0 Thesis %9 S1 %A Ashari, Maulana Ridho %B Fakultas Teknik %D 2019 %F UNY:65864 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Group Investigation (GI), Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Dasar Listrik Elektronika %T PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR ANALISIS SIFAT ELEMEN PASIF KELAS X SMK NEGERI 1 PLERET %U http://eprints.uny.ac.id/65864/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI) pada kompetensi dasar analisis sifat elemen pasif mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Pleret. (2) model pembelajaran yang lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar analisis sifat elemen pasif mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Pleret. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan pretest-posttest randomized control group design. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas X TITL C sebagai kelas GI dan 30 siswa TITL B sebagai kelas PBL. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Uji validitas instrumen dilakukan oleh expert judgement. Uji reliabilitas dihitung menggunakan KR-20 sedangkan uji hipotesis menggunakan Uji t. Hasil penelitian adalah: (1) Mean kelas yang menggunakan model pembelajaran GI adalah 53,67 (pretest), 84,67 (posttest) dan 0,7167 (gain); (2) Mean kelas yang menggunakan model pembelajaran PBL adalah 54,83 (pretest), 79,33 (posttest) dan 0,5117 (gain); Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar kelas model pembelajaran GI-PBL dengan t hitung 3,037 > t tabel 2,042 dan signifikansi 0,004 < 0,05. (2) Terdapat perbedaan signifikan peningkatan hasil belajar kelas model pembelajaran GI-PBL dengan t hitung 2,862 > t tabel 2,042 dan signifikansi 0,006 < 0,05. (3) Model pembelajaran GI memberikan peningkatan hasil belajar yang lebih baik.