@phdthesis{UNY65853, author = {Mutammimah Mutammimah and Dadan Rosana}, title = {Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal Pacu Jalur dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Cinta Tanah Air Siswa SMA}, school = {Program Pascasarjana}, month = {June}, year = {2019}, abstract = {Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika dengan model discovery learning berbasis kearifan lokal pacu jalur yang layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan cinta tanah air, (2) mengetahui bagaimana peningkatan keterampilan berpikir kritis dan cinta tanah air siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran dengan model discovery learning berbasis kearifan lokal pacu jalur Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan 4D digunakan sebagai prosedur pengembangan dengan langkah-langkah berikut: (a) tahap pendefinisian, (b) perancangan, (c) pengembangan. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen terdiri dari 30 siswa kelas X MIPA 3 dan kelas kontrol terdiri dari 30 siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Cerenti. Instrumen pengumpulan data berupa tes tertulis untuk mengukur keterampilan berpikir kritis, angket untuk mengukur cinta tanah air siswa, angket respon, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji Anava Desain Campuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran fisika dengan model discovery learning berbasis kearifan lokal pacu jalur yang dikembangkan sangat layak digunakan berdasarkan penilaian ahli dan hasil uji coba di sekolah, (2) perangkat pembelajaran fisika dengan model discovery learning berbasis kearifan lokal pacu jalur dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan cinta tanah air siswa. Kata Kunci: perangkat pembelajaran, discovery learning, kearifan lokal pacu jalur, keterampilan berpikir kritis, cinta tanah air}, url = {http://eprints.uny.ac.id/65853/} }