TY - THES KW - buku cerita bergambar KW - ramah anak KW - kemampuan pemecahan masalah KW - rasa ingin tahu ID - UNY65831 Y1 - 2019/03/01/ AV - public PB - Program Pascasarjana TI - Pengembangan media Lift the Flap Storybook Berbasis Ramah Anak untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Rasa Ingin Tahu Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. A1 - Maskur, Maskur A1 - Pujiastuti, Pratiwi M1 - tesis N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media lift the flap storybook berbasis ramah anak yang layak dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu dan 2) mengetahui keefektifan media lift the flap storybook berbasis ramah anak dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan dari Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah yaitu: 1) studi pendahuluan; 2) perencanaan; 3) pengembangan produk awal; 4) uji coba awal; 5) revisi produk I; 6) uji coba lapangan; 7) revisi produk II; 8) uji operasional; 9) revisi produk akhir; 10) diseminasi dan implementasi. Subyek penelitian pada kegiatan penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV SD Negeri di kecamatan Patuk, Gunung Kidul. Pengumpulan data awal dilaksanakan melalui wawancara, observasi, penyebaran angket analisis kebutuhan dan studi pustaka. Pengumpulan data pada tahap selanjutnya dilakukan dengan menggunakan tes dan skala. Validasi produk dilakukan oleh validator ahli media dan ahli materi serta penilaian guru dan siswa. Analisis data penelitian menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas data serta independent sample t-test dan MANOVA (Multivariate of Analysis) dengan taraf signifikansi 0,05. Produk yang dikembangkan berupa buku cerita bergambar berbasis ramah anak yang memuat materi pengumpulan dan penyajian data pada mata pelajaran matematika kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lift the flap storybook berbasis ramah anak layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba produk di sekolah. Penilaian dari aspek materi dan media masing-masing memperoleh skor rata-rata 4,8 dengan kategori ?sangat layak.? Selain itu, lift the flap storybook berbasis ramah anak juga efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji independent sample t-test kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu pada kelas kontrol dan kelas eksperimen 1 serta kelas kontrol dan kelas eksperimen 2 masing-masing memperoleh nilai signifikansi 0,000. Hasil signifikansi kurang dari 0,05 yang berarti bahwa media lift the flap storybook berbasis ramah anak yang diterapkan di kelas eksperimen berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu siswa. Pada uji MANOVA diperoleh nilai signifikansi 0,000. Nilai signifikansi tersebut kurang dari 0,05 yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu siswa kelas IV SD yang menggunakan lift the flap storybook berbasis ramah anak pada pembelajaran matematika. UR - http://eprints.uny.ac.id/65831/ ER -