eprintid: 65785 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 1230 dir: disk0/00/06/57/85 datestamp: 2019-09-10 03:45:48 lastmod: 2019-09-10 03:45:48 status_changed: 2019-09-10 03:45:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SULISTIYAWAN, ADITYA corp_creators: Diana Rahmawati, M.Si. title: PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERILAKU BELAJAR, DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2015) ispublished: pub subjects: A1 subjects: D0 subjects: eko_akuntansi divisions: fe_pend_akuntansi full_text_status: public keywords: Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Kepercayaan Diri, Tingkat Pemahaman Akuntansi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh (1) Kecerdasan Emosional, (2) Perilaku Belajar, (3) Kecepercayaan Diri terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2015. Desain Penelitian ini termasuk dalam penelitian kausal komparatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 70 mahasiswa Akuntasi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2015. Uji validitas menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan Emosional tidak berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t hitung = 1,311 < t tabel = 1,997 dengan nilai signifikansi (0,194>0,05), koefisien regresi =0,141, dan r square = 0,025, (2) Perilaku Belajar tidak berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t hitung = 0,538 < t tabel = 1,997 dengan nilai signifikansi (0,592>0,05), koefisien regresi = 0,070, dan r square = 0,004, (3) Kepercayaan Diri tidak berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Hal tersebut dibuktikan dengan t hitung = 1,719 < t tabel =1,997 dengan nilai signifikansi (0,090>0,05), koefisien regresi = 0,190, dan r square = 0,042, (4) Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, dan Kepercayaan Diri secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Hal ini dibuktikan dengan analisis regresi linier berganda yang menghasilkan nilai F hitung = 2,050 < F tabel = 2,740 dengan nilai signifikansi (0,115>0,05). date: 2019 date_type: published institution: Pendidikan Akuntansi department: Fakultas Ekonomi thesis_type: skripsi citation: SULISTIYAWAN, ADITYA (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERILAKU BELAJAR, DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2015). S1 thesis, Pendidikan Akuntansi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/65785/1/Skripsi_Aditya%20Sulistiyawan_13812141004.pdf