%0 Thesis %9 S2 %A Sholekhah, Irmadatus %A Suyanto, Suyanto %B Pendidikan Ekonomi %D 2019 %F UNY:65775 %I Program Pascasarjana %T Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Promosi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah di Daerah Istimewa Yogyakarta). %U http://eprints.uny.ac.id/65775/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah, promosi, dan kualitas layanan baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian merupakan infinite population, sehingga sampel penelitian diambil menggunakan teknik accidental sampling (convenience sampling). Adapun jumlah sampel penelitian yaitu 384 nasabah Bank Syariah yang terdapat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Uji validitas instrumen penelitian didasarkan pada perolehan nilai KMO and Bartlett’s Test. Uji reliabilitas instrumen penelitian dilakukan dengan melihat besarnya nilai Cronbach’s Alpha. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 21. Pengujian hipotesis penelitian secara parsial dilakukan dengan Uji t, sedangkan uji hipotesis simultan penelitian dilakukan dengan Uji F. Hasil analisis regresi pada probabilitas ∝ 0,05 menunjukkan bahwa: (1) variabel literasi keuangan syariah tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah di DIY, dibuktikan dengan perolehan nilai t = 1,531 dan Sig. = 0,127; (2) variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah di DIY, dibuktikan dengan perolehan nilai t = 4,036 dan Sig. = 0,000; (3) variabel kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah di DIY, dibuktikan dengan perolehan nilai t = 23,054 dan Sig. = 0,000; dan (4) secara simultan literasi keuangan syariah (X1), promosi (X2), dan kualitas layanan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah (Y) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil ini dibuktikan dengan nilai F = 319,597 dan Sig. = 0,000 pada probabilitas 0,05. Kata Kunci: kepuasan nasabah, literasi keuangan syariah, promosi, kualitas layanan.