TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi mobile learning senam lantai DBL (guling depan, guling belakang, dan guling lenting) berbasis android untuk kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan gabungan ADDIE dan model waterfall. Subyek penelitian ini berjumlah 210 peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Data peneitian ini diperoleh melalui wawancara dan angket. Validitas instrumen penelitian menggunakan product moment dan reliabilitas instrumen menggunakan alpha cronbach. Teknik analisa data dilakukan dengan cara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) penilaian materi oleh ahli materi (meliputi aspek substansi materi dan aspek desain pembelajaran) dikategorikan ?Sangat Layak? dengan persentase nilai sebesar 90,71%, (2) penilaian media oleh ahli media (meliputi aspek atribut kualitas berdasarkan Pressman, prinsip media pembelajaran berdasarkan Wibawanto, dan aspek tampilan berdasarkan Kemendiknas) dikategorikan ?Sangat Layak? dengan persentase nilai 92,10%, (3) penilaian materi oleh guru (meliputi aspek substansi materi dan aspek desain pembelajaran) dikategorikan ?Sangat Layak? dengan persentase nilai sebesar 95,36%. (4) penilaian respon peserta didik yaitu The Computer System Usability (meliputi aspek kegunaan sistem aplikasi, kualitas informasi aplikasi, dan kualitas tampilan aplikasi) dikategorikan ?Sangat Layak? dengan persentase nilai sebesar 82,06%. M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/65759/ KW - mobile learning KW - senam lantai KW - guling depan KW - guling belakang KW - guling lenting Y1 - 2019/08/30/ ID - UNY65759 AV - public PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan TI - PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING SENAM LANTAI DBL BERBASIS ANDROID UNTUK KELAS VII SMP A1 - Nurseto, Imam ER -