%0 Thesis %9 S1 %A Ismawati, Anisa Mushlika %B Fakultas Teknik %D 2019 %F UNY:65753 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Sop Merah Bu Asih, Pembelian konsumen %T FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN DI WARUNG SOP MERAH BU ASIH YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/65753/ %X Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui profil responden yang berkunjung di Warung Sop Merah Bu Asih, (2) untuk mengetahui Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pembelian konsumen di Warung Sop Merah Bu Asih, (3) untuk mengetahui Faktor apa yang paling dominan dalam menentukan pembelian konsumen di Warung Sop Merah Bu Asih. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Warung Sop Merah Bu Asih yang terletak di Jalan Kol. Sugiyono No. 74, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta pada bulan Februari 2019 hingga Mei 2019. Populasi penelitian adalah konsumen Warung Sop Merah Bu Asih berjumlah 420 pengunjung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling non acak yaitu Insidental sampling. Ukuran sampel penelitian sebanyak 81 orang ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif berupa modus, median, mean, kategorisasi dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) mayoritas responden yang berkunjung di Warung Sop Merah Bu Asih Pembeli terbanyak di Warung Sop Merah Bu Asih dalam penelitian ini adalah perempuan 53 (65,4%). Lebih dari separuh pembeli adalah mahasiswa 42 (51,9%) sebagian besar tempat tinggal pembeli adalah di DIY 58 (71,6%) Umur pembeli terbanyak adalah 19-22 tahun yaitu 33 (40,7%), (2) konsumen mempunyai persepsi yang baik tentang produk, harga, lokasi, proses, sarana, orang/SDM dan karakteristik konsumen, namun promosi yang dilakukan oleh Warung Sop Merah Bu Asih termasuk dalam kategori kurang baik. Persepsi yang sangat baik diperoleh dari SDM dengan pelayanan yang cepat. Hal tersebur dimungkinkan karena sebagian besar konsumen perempuan dan mahasiswa yang mengingkan pelayanan yang praktis. Persepsi kurang baik diperoleh dari Promosi, dimana Warung Sop Merah Bu Asih tidak melakukan promosi di dalam media televisi maupun radio sehingga konsumen tidak mendapat informasi mengenai warung tersebut. (3) Rerata faktor eksternal (7P) 3,05 lebih tinggi dibandingkan faktor internal 2,92 dan berbeda secara signifikan 0,007 . Hal ini berarti bahwa faktor 7P lebih dominan mempengaruhi pembelian di Warung Sop Merah Bu Asih.