TY - THES PB - FIP uny A1 - NurIchsanti, Septi N2 - Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatankemampuanmotorik halusanaktunagrahitasedangkelasISDdiSLBWiyataDharma3Ngaglik melaluiterapiokupasimelipatkertas,diantaranyamencakupkemampuanpada koordinasimatadantangan,kelenturangeraktangan,ketepatangeraktangan, sertakehalusangeraktangan. Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakan kelasdenganmelalui2siklus.Subjekdalampenelitianiniberjumlah3siswa tunagrahitasedang.TeknikPengumpulandatayangdigunakandalampenelitian iniadalahdatamonitoringdenganobservasi,dandataevaluasidengantes. Sedangkananalisisdatayangdigunakandalampenelitianinidenganteknik deskriptifkuantitatif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterapiokupasimelipatkertasdapat digunakanuntukmeningkatkankemampuanmotorikhalusanaktunagrahita sedanghaliniterbuktidarisubjekIkemampuanawal37termasukkategori kurang,subjekIIkemampuanawal50termasukkategoricukup,dansubjekIII kemampuanawal51termasukkategoricukup.Kemampuansetelahdiberikan sikluspertamasubjekI54termasukkategoricukup,kemampuansubjekII63 termasukkategoribaikdankemampuansubjekIII68termasukkriteriabaik.Hasil sikluskeduamenunjukkanpeningkatankemampuanmotorikhalussubjekI meningkat74termasukkategoribaik,subjekIImeningkat89termasukkategori baiksekali, dansubjekIIImeningkat93 termasukkategoribaiksekali. Peningkatantersebutterjadikarenadiberikanpenambahanfrekuensijumlah lipatansaatmembuatlipatankertas,diberikanvariasimelipatkertaslebihdari satusehinggaanaktertarikdantidakcepatbosansaatmengikutiterapiokupasi danpelaksanaanmenjadioptimal,pintukelasditutupagarperhatiananaktidak mudah beralih dan konsentrasi anak tetap fokus, guru tetap menegur, mengingatkan,danmemberikanmotivasipadakegiatanterapiokupasimelipat kertas. Katakunci:kemampuanmotorikhalus,terapiokupasi,melipatkertas. vii Y1 - 2012/04/04/ UR - http://eprints.uny.ac.id/6570/ M1 - skripsi ID - UNY6570 TI - UPAYAPENINGKATANKEMAMPUANMOTORIKHALUSMELALUI TERAPIOKUPASIMELIPATKERTASPADAANAKTUNAGRAHITA SEDANGKELASISDDISLBWIYATADHARMA3NGAGLIK SLEMANYOGYAKARTA AV - public ER -