@phdthesis{UNY6570, author = {Septi NurIchsanti}, title = {UPAYAPENINGKATANKEMAMPUANMOTORIKHALUSMELALUI TERAPIOKUPASIMELIPATKERTASPADAANAKTUNAGRAHITA SEDANGKELASISDDISLBWIYATADHARMA3NGAGLIK SLEMANYOGYAKARTA }, month = {April}, year = {2012}, school = {FIP uny}, abstract = {Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatankemampuanmotorik halusanaktunagrahitasedangkelasISDdiSLBWiyataDharma3Ngaglik melaluiterapiokupasimelipatkertas,diantaranyamencakupkemampuanpada koordinasimatadantangan,kelenturangeraktangan,ketepatangeraktangan, sertakehalusangeraktangan. Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakan kelasdenganmelalui2siklus.Subjekdalampenelitianiniberjumlah3siswa tunagrahitasedang.TeknikPengumpulandatayangdigunakandalampenelitian iniadalahdatamonitoringdenganobservasi,dandataevaluasidengantes. Sedangkananalisisdatayangdigunakandalampenelitianinidenganteknik deskriptifkuantitatif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterapiokupasimelipatkertasdapat digunakanuntukmeningkatkankemampuanmotorikhalusanaktunagrahita sedanghaliniterbuktidarisubjekIkemampuanawal37termasukkategori kurang,subjekIIkemampuanawal50termasukkategoricukup,dansubjekIII kemampuanawal51termasukkategoricukup.Kemampuansetelahdiberikan sikluspertamasubjekI54termasukkategoricukup,kemampuansubjekII63 termasukkategoribaikdankemampuansubjekIII68termasukkriteriabaik.Hasil sikluskeduamenunjukkanpeningkatankemampuanmotorikhalussubjekI meningkat74termasukkategoribaik,subjekIImeningkat89termasukkategori baiksekali, dansubjekIIImeningkat93 termasukkategoribaiksekali. Peningkatantersebutterjadikarenadiberikanpenambahanfrekuensijumlah lipatansaatmembuatlipatankertas,diberikanvariasimelipatkertaslebihdari satusehinggaanaktertarikdantidakcepatbosansaatmengikutiterapiokupasi danpelaksanaanmenjadioptimal,pintukelasditutupagarperhatiananaktidak mudah beralih dan konsentrasi anak tetap fokus, guru tetap menegur, mengingatkan,danmemberikanmotivasipadakegiatanterapiokupasimelipat kertas. Katakunci:kemampuanmotorikhalus,terapiokupasi,melipatkertas. vii }, url = {http://eprints.uny.ac.id/6570/} }