%A Fita Tri Handayani %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendeskripsikan penguasaankosakata kerja anak tunarungu kelas I SD SLB B Wiyata Dharma I Sleman denganmenerapkanmetode bermain peran (role playing). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan berkolaborasi dengan guru kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunarungu yang berjumlah 3 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus I dilaksanakan selama 4 kali pertemuan dan siklus II juga dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Setiap siklus diakhiri dengan melakukan post test. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes penguasaan kosakata kerja, observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan penyajian data dalam bentuk tabel dan diagram batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain peran (role playing) dapat meningkatkan penguasaan kosakata kerja anak tunarungu. Hasil tersebut dibuktikan dari meningkatnya pencapaian skor anaktunarungu setelah dilakukan pembelajaran kosakata kerja dengan menggunakan metode bermain peran (role playing). Peningkatan penguasaan kosakata kerja anak tunarungu ditunjukkan dengan meningkatnya presentase pencapaian pada post test II dan anak dalam memerankan kosakata kerja tepat dan sesuai dengan percakapan/ dialog. Meningkatkan penguasaan kosakata kerja anak tunarungu dengan menerapkan metode bermain peran (role playing) dan siswa diberikan pujian untuk memotivasi peningkatan tersebut. Kesimpulan akhir adalah dengan menerapkan metode bermain peran (role playing) penguasaan kosakata anak tunarungu meningkat. Kata kunci: metode bermain peran (role playing), penguasaan kosakata, anak tunarungu. %L UNY6568 %D 2012 %I FIP uny %T PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA ANAK TUNARUNGU KELAS I DI SLB B WIYATA DHARMA I SLEMAN