%0 Thesis %9 S1 %A Wijaya, Dhimas Kris Ardhi %B PGSD %D 2019 %F UNY:65673 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN MEDIA MONOPOLI PINTAR PADA KELAS IV SD NEGERI 3 KALIPETIR PENGASIH KULON PROGO %U http://eprints.uny.ac.id/65673/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn menggunakan media Monopoli Pintar pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Kalipetir, Pengasih, Kabupaten Kulon Progo 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Model penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Kalipetir, dengan jumlah 12 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal evaluasi. Teknik analisis data yaitu secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan persentase dan rerata nilai. Media yang digunakan adalah Monopoli Pintar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PPKn siswa mengalami peningkatan. Pada pra siklus, rata-rata hasil belajar siswa yaitu sebesar 65,41 termasuk kategori sedang dan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 25%. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa dan persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 74,16 dan 58,33%. Siklus I belum memenuhi kriteria penelitian dan dilakukan perbaikan. Guru dan peneliti melakukan refleksi dan menegaskan penjelasan tentang permainan Monopoli Pintar. Pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa 86,66 termasuk dalam kategori sangat baik dan persentase ketuntasan belajar siswa menjadi 100% dan telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian. Peningkatan tersebut karena guru mempertegas aturan Monopoli Pintar dan memperjelas materi yang ada di dalamya. Kata kunci: hasil belajar PPKn, media Monopoli Pintar