TY - THES TI - UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENDEKATAN PROSES MENULIS SISWA KELAS III SD NEGERI BENDOSARI A1 - Pranoto, Pertiwi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran menulis karangan narasi dan meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui pendekatan proses menulis siswa kelas III SD Negeri Bendosari. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian ini adalah guru kelas III dan siswa kelas III SD Negeri Bendosari yang berjumlah 26 siswa, yang terdiri dari, 17 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, soal tes menulis, dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripstif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan pendekatan proses menulis dengan langkah-langkah yang meliputi: a) pramenulis, b) pendrafan, c) perevisian, d) penyuntingan, dan e) publikasi dapat meningkatkan pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas III SD Negeri Bendosari. Hasil proses pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi pada pratindakan sebesar 37,86% meningkat menjadi 60,14% pada siklus I, meningkat pada siklus II menjadi 83,98%. Hasil tes menulis keterampilan menulis karangan narasi pada pratindakan belum ada siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 52,76. Pelaksanaan siklus I mengalami peningkatan yaitu terdapat 5 siswa atau sebesar 18,52% yang tuntas dan 22 siswa atau 81,48% yang belum tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 66,09. Pelaksanaan siklus II juga mengalami peningkatan yaitu terdapat 22 siswa atau sebesar 81,48% yang tuntas dan 5 siswa atau 18,583% yang belum tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 78,70. Kata kunci: menulis karangan narasi, pendekatan proses Y1 - 2019/09/05/ PB - Fakultas Ilmu Pendidikan M1 - skripsi AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/65670/ ID - UNY65670 ER -