eprintid: 65661 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1191 dir: disk0/00/06/56/61 datestamp: 2019-09-04 09:13:33 lastmod: 2019-09-04 09:13:33 status_changed: 2019-09-04 09:13:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: YUSUP TIRTO AGUNG LAKSONO, YUSUP creators_id: 13104241029@student.uny.ac.id title: PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN 2016 – 2018 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: D11 divisions: fip_ppb full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016-2018. (2) Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016-2018. (3) Pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016-2018. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, variabel penelitian ini adalah motivasi belajar, gaya belajar, prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016-2018 sebanyak 250 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi ganda. Hasil penelitian ini secara parsial: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016-2018. (2) Terdapat pengaruh signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016-2018. (3) Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016- 2018. Berdasarkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,135 atau 13,5% dapat diartikan bahwa 13,5% prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh motivasi belajar dan gaya belajar, sedangkan sisanya sebesar 86,5 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Prestasi Belajar date: 2019-09-04 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: Psikologi Pendidikan dan Bimbingan thesis_type: skripsi citation: YUSUP TIRTO AGUNG LAKSONO, YUSUP (2019) PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN 2016 – 2018 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/65661/1/Skripsi_Yusup_Tirto_Agung_Laksono_13104241029.pdf