TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/65661/ TI - PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN 2016 ? 2018 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA AV - restricted M1 - skripsi ID - UNY65661 A1 - YUSUP TIRTO AGUNG LAKSONO, YUSUP PB - Fakultas Ilmu Pendidikan N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016-2018. (2) Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016-2018. (3) Pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016-2018. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, variabel penelitian ini adalah motivasi belajar, gaya belajar, prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016-2018 sebanyak 250 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi ganda. Hasil penelitian ini secara parsial: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016-2018. (2) Terdapat pengaruh signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016-2018. (3) Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016- 2018. Berdasarkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,135 atau 13,5% dapat diartikan bahwa 13,5% prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh motivasi belajar dan gaya belajar, sedangkan sisanya sebesar 86,5 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Prestasi Belajar Y1 - 2019/09/04/ ER -