@phdthesis{UNY65655, month = {September}, title = {EFEKTIVITAS PENDEKATAN REBT TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK SISWA DENGAN KELUARGA BROKEN HOME DI SMA N 1 DEPOK}, author = {Arvenia Hari Wahyu R Wahyu R}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, year = {2019}, url = {http://eprints.uny.ac.id/65655/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan REBT terhadap resiliensi akademik siswa dengan keluarga broken home. Penelitian ini berdasarkan observasi yang dilakukan pada siswa SMA N 1 Depok yang menunjukan kurangnya resiliensi akademik pada beberapa siswa dengan keluarga broken home sehingga dibutuhkan teknik yang tepat untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan yaitu single subject research dengan jenis A-B design dengan pendekatan REBT. Subjek penelitian ini merupakan 5 siswa kelas X dan XI SMA N 1 Depok yang telah sesuai dengan kriteria penelitian yang ditentukan, yaitu siswa kelas X dan XI yang berasal dari keluarga broken home, siswa yang memiliki skor skala resiliensi akademik terendah berdasarkan hasil pre-test dan siswa yang bersedia untuk dijadikan sebagai subjek penelitian. 5 siswa tersebut mengikuti konseling individu dengan pendekatan REBT. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu sebelum perlakuan, perlakuan dan setelah perlakuan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur resiliensi akademik yaitu skala resiliensi akademik. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistika non-parametrik uji wilcoxon. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan, didapatkan nilai Asymp. Sig. 2-tailed sebesar 0,043, dimana 0,043 {\ensuremath{<}} {\ensuremath{\alpha}} (0,05) dengan taraf signifikansi 5\% sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, teknik REBT efektif terhadap peningkatan resiliensi akademik siswa dengan keluarga broken home di SMA N 1 Depok. Kata Kunci: Pendekatan REBT, resiliensi akademik, broken home} }