@phdthesis{UNY65647, month = {July}, author = {Noviana Hapsari and Paidi Paidi}, title = {Profil Kemampuan TPACK Guru Biologi SMA Di Kabupaten Bantul Berdasarkan Status Sertifikasi Guru dan Lokasi Sekolah}, school = {Program Pascasarjana}, year = {2019}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat penguasaan dan kemampuan penerapan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) guru biologi SMA di kabupaten Bantul, (2) mengetahui perbedaan tingkat penguasaan dan kemampuan penerapan TPACK guru biologi berdasarkan status sertifikasi guru, (3) mengetahui perbedaan tingkat penguasaan dan kemampuan penerapan TPACK guru biologi berdasarkan lokasi sekolah, (4) mengetahui perbedaan tingkat penguasaan dan kemampuan penerapan TPACK guru biologi yang sudah sertifikasi dengan guru biologi yang belum sertifikasi di sekolah kota maupun di sekolah desa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini merupakan populasi hipotetik, diwakili oleh sampel yang sekarang ada atau sampel convenience, meliputi 38 guru biologi dari 23 SMA di kabupaten Bantul yang mengajar kelas X dan XI. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi, dan dokumenasi. Instrumen penelitian menggunakan soal tes tertulis dan lembar observasi kemampuan TPACK. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis secara inferensial dengan Independent Sample T Test digunakan untuk mengetahui tingkat penguasaan dan kemampuan penerapan TPACK guru biologi berdasarkan perbedaan status sertifikasi dan lokasi sekolah. Dilanjutkan uji Two Way Anova untuk mengetahui perbedaan tingkat penguasaan dan kemampuan penerapan TPACK guru biologi bersertifikasi dengan guru biologi belum sertifikasi yang mengajar di sekolah kota maupun di sekolah desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) guru biologi SMA di kabupaten Bantul menguasai TPACK dengan cukup baik, namun kemampuan penerapan TPACK dalam menyusun RPP dan proses pembelajaran masuk kriteria kurang baik, (2) Tidak ada perbedaan tingkat penguasaan TPACK dan kemampuan penerapan TPACK dalam penyusunan RPP antara guru bersertifikasi dengan guru belum sertifikasi, namun terdapat perbedaan pada kemampuan penerapan TPACK dalam proses pembelajaran, (3) Tidak ada perbedaan tingkat penguasaan TPACK dan kemampuan penerapan TPACK dalam penyusunan RPP maupun proses pembelajaran antara guru biologi di sekolah kota dengan guru biologi di sekolah desa, (4) Tidak ada perbedaan tingkat penguasaan TPACK dan kemampuan penerapan TPACK dalam penyusunan RPP maupun proses pembelajaran antara guru biologi bersertifikasi dengan guru biologi belum sertifikasi yang mengajar di sekolah kota maupun sekolah desa. Kata Kunci: TPACK, Guru Biologi, Sertifikasi Guru, Lokasi Sekolah}, url = {http://eprints.uny.ac.id/65647/} }