<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk; (1) menentukan keefektifan model PBP pola terbimbing \r\ndan model PBP dengan pola tidak terbimbing dalam meningkatkan kemampuan siswa\r\nmemperoleh pengetahuan prosedur, fakta, konsep baru pada sistem ekskresi manusia dan (2)\r\nmengidentifikasi model PBP yang lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa\r\nmemperoleh pengetahuan prosedur, fakta, konsep baru pada sistem ekskresi manusia. \r\nJenis penelitian ini merupakan quasi experiment yang menggunakan non-equivalent\r\nkontrol group design dengan memberikan pre-test dan post-test kepada kelas eksperimen dan\r\nkelas kontrol. Pada penelitian ini terdapat populasi target yang terdiri dari 6 kelas XI IPA di\r\nSMA N3, kota Yogyakarta. Adapun populasi penelitian yang merupakan kelas XI IPA dari\r\nsekolah lain yang memiliki karakteristik yang sama dengan populasi target selama tahun ajaran\r\n2018/2019. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 2 (Kelas eksperimen) dan kelas XI\r\nIPA 4 (Kelas kontrol) yang terpilih dengan menggunakan teknik Cluster sampling. Instrumen\r\nyang digunakan untuk pengumpulan data adalah soal esai untuk penilaian kemampuan\r\nmemperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru, lembar observasi keterlaksanaan\r\npembelajaran berbasis proyek dengan pola terbimbing, dan lembar observasi keterlaksanaan\r\npembelajaran berbasis proyek dengan pola tidak terbimbing. Data penelitian yang diperoleh\r\ndari soal pre-test dan post-test dianalisis dengan menggunakan SPSS software versi 23 untuk\r\nmenguji hipotesis dengan uji-t independen. \r\nHasil peneilitian ini menunjukkan bahwa, uji-t independen data post-test kemampuan\r\nmemperoleh pengetahuan prosedur, fakta dan konsep baru menghasilkan nilai probabilitas sig\r\n(1-tailed) yang sama yaitu 0,000 untuk kemampuan pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep\r\nbaru. Nilai mean difference yang diperoleh adalah pengetahuan prosedur baru (5.683),\r\npengetahuan fakta baru (1,872), dan pengetahuan konsep baru (3.812). Kesimpulan dari hasil\r\ntersebut adalah (1) baik model PBP dengan pola terbimbing maupun model PBP dengan pola\r\ntdak terbimbing merupakan model efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa memperoleh\r\npengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru pada sistem ekskresi manusia dan (2) model\r\npembelajaran berbasis PBP dengan pola terbimbing merupakan model pembelajaran yang lebih\r\nefektif dibangingkan dengan model PBP dengan pola tidak terbimbing dalam meningkatkan\r\nkemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru pada sistem\r\nekskresi manusia. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan kepada guru untuk\r\ndianjurkan menggunakan model PBP dengan pola terbimbing selama proses pembelajaran\r\nBiologi sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan baru. \r\n\r\nKata kunci: Pembelajaran berbasis proyek terbimbing, Pembelajaran berbasis proyek tidak\r\nterbimbing, Pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru."^^ . "2019-07-23" . . . . . . . . . . "Program Pascasarjana"^^ . . . "Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Kijambu John"^^ . "Baptist"^^ . "Kijambu John Baptist"^^ . . "Bambang"^^ . "Subali"^^ . "Bambang Subali"^^ . . . . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Text)"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Text)"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Text)"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Text)"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Text)"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Text)"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Text)"^^ . . . "DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Text)"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk\r\nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \r\npada sistem ekskresi manusia (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #65644 \n\nKeefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk \nmeningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru \npada sistem ekskresi manusia\n\n" . "text/html" . . . "Biologi"@en . . . "Pasca Sarjana" . .