relation: http://eprints.uny.ac.id/65623/ title: Keefektifan Model Guided Inquiry dengan Pendekatan Percobaan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas X Pada Materi Fungi creator: Wardani, Ika subject: Biologi subject: Pasca Sarjana description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Guided Inquiry dengan Pendekatan Percobaan Awal terhadap (1) kemampuan berpikir kritis (KBK), (2) keterampilan proses sains (KPS), dan (3) kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa SMA Kelas X pada materi fungi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas X SMA sebagai populasi hipotetik. Sampel yang digunakan dari populasi 64 siswa yang terbagi pada kelas eksperimen 32 peserta didik dan kelas kontrol terdiri dari 32 siswa. Pengumpulan data KBK menggunakan tes uraian dan KPS menggunakan tes uraian dan observasi. Data dianalisis menggunakan independent sample test dan MANOVA. Hasil Penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Model guided inquiry dengan percobaan awal efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X pada materi fungi. Hasil analisis independent sample test menunjukkan taraf signifikasi 0,025. (2) Model guided inquiry dengan percobaan awal tidak efektif terhadap keterampilan proses sains siswa SMA kelas X pada materi fungi. Hasil analisis independent sample test menunjukkan taraf signifikasi 0,093. (3) Model guided inquiry dengan percobaan awal efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa SMA kelas X pada materi fungi. Hasil analisis MANOVA menunjukkan taraf signifikasi 0,000 Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, keterampilan proses sains, model guided inquiry, pendekatan percobaan awal date: 2019-06-25 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/65623/1/BA%20I.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/65623/2/BAB%20III.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/65623/2/COVER.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/65623/1/BAB%20V.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/65623/1/BAB%20II.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/65623/2/BAB%20IV.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/65623/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/65623/4/LAMPIRAN.pdf identifier: Wardani, Ika (2019) Keefektifan Model Guided Inquiry dengan Pendekatan Percobaan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas X Pada Materi Fungi. S2 thesis, UNY.