eprintid: 65621 rev_number: 34 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/06/56/21 datestamp: 2019-09-03 06:00:29 lastmod: 2023-03-06 02:02:13 status_changed: 2019-09-03 06:00:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pahlifi, Dwi Maihidin creators_name: Nurcahyo, Heru title: Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbantuan Android pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI IPA ispublished: pub subjects: F1 subjects: pasca_sarjana divisions: pps_biologi full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media berbantuan Android yang layak digunakan pada materi sistem pernapasan, (2) mengungkapkan keefektifan media pembelajaran biologi berbantuan android yang dihasilkan tersebut dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, dan (3) mengungkapkan keefektifan penggunaan media yang dihasilkan tersebut pada hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran sistem pernapasan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba terdiri atas 225 siswa dengan rincian, 165 orang siswa kelas XII MIPA 1, 2, 3, 4, 5 untuk uji coba emipiris, 30 orang siswa kelas XI MIPA 3 untuk kelas eksperimen, dan 30 orang siswa kelas XI MIPA 5 untuk kelas kontrol untuk uji coba kelompok besar di SMA Negeri 2 Bantul. Penilaian produk dilakukan oleh satu ahli media, satu ahli materi, tiga guru biologi, dan 16 peer reviewers. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian media, angket ahli materi, angket tanggapan guru, peer review, dan siswa, lembar soal pretest dan posttest, angket motivasi, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Uji beda independent sample t-Test digunakan untuk analisis hasil motivasi belajar dan pengukuran hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan taraf signifiksi sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran yang dihasilkan mempunyai kelayakan yaitu visualisasi yang menarik praktis, dan flexible; (2) media yang dikembangkan dinilai layak digunakan sebagai media pembelajaran menurut ahli materi, ahli media, guru biologi, peer reviewers dan hasil uji coba ke siswa; (3) terdapat perbedaan yang signifikan dalam motivasi belajar da date: 2019-07-29 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Pendidikan Biologi thesis_type: tesis referencetext: Abdulfattah, A., & Supahar, S. (2016). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Man Yogyakarta 1 The Development Of E-Learning Based Moodle To Improve Learning Outcomes Students In Man Yogyakarta 1. E-Journal Pendidikan Fisika, 5(6), 351-360. Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Pembelajaran, pengajaran, dan asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Azwar, S. (2007). Tes prestasi: Fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Behera, S. K., & Purulia, W. B. I. (2013). M-learning: a new learning paradigm. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4(2), 24-34 Clayton, K., Blumberg, F., & Auld, D. P. (2010). The relationship between motivation, learning strategies and choice of environment whether traditional or including an online component.British Journal of Educational Technology, 41(3), 349-364, 117 Dai, Guiyu, Liu, Yang & Cui, S. (2018). A Study on the mobile learning of English and American literature based on wechat public account. English Language Teaching Vol 11, No. 6 ISSN 1916-4742 47-46, retrieved from htpp://doi.org/10.5539/elt.v11n6p47 Daryanto, K.S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Gava Media. Yogyakarta. Daryanto. (2012). Media pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Dimyati, M. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. doi:10.1023/A:1009009018235 Erlinda, R., Purwani, W., Karyati, E., & Nugroho, W. (2015). Development of student worksheet-based mobile application using augmented reality technology. The 1st UMM International Conference on Pure and Applied Research. Retrieved from http://icopar.umm.ac.id. Evelyn, Pearce. 1992. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Guyton, A. C., & Hall, J. E. (1997). Fisiologi Kedokteran Edisi 9. Jakarta: EGC. Hairy, J. (1989). Fisiologi olahraga. Depdikbud. Dirjen Dikti. doi: 10.1119/1.18809 Hake, R. R. (1998). Analyzing Change/ Gain Scores. California Hogan, D.J. 2011. Allergic Contact Dermatitis. (Internet) Available from: http://emedicine.medscape.com/article/1049216-overview Dick, W., & Reiser, R. A. (1996). Instructional planning: A guide for teachers. Hoston: Allyn & Bacon. Elliot, A.J., & Covington, M.V. (2001). Approach and Avoidance Motivation. Educational Psychology Review, 13, 73-92. Ganong, W. F. (2003). Buku Ajar Fisiologi Kedokteran Ganong. Edisi 22. Jakarta: EGC. Guyton, A. C. (1983). Fisiologi Kedokteran (bagian 2). Terj. Adji Dharma dan P. lukmanto. Jakarta: EGC. Hake, R. R. (1999). Interactive-engagement versus traditional methods: A six- thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 66(1), 64-74. 118 Hwang, I., Tam, M., Lam, S. L., & Lam, P. (2012). Review of Use of Animation as a Supplementary Learning Material of Physiology Content in Four Academic Years. Electronic Journal of e-Learning, 10(4), 368-377, retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ986645.pdf Intania. 2012. Sekali Baca Langsung Inget Mengupas Lengkap All about Android. Jakarta: Kuncikom. Jabbour, K. K. (2014). An analysis of the effect of mobile learning on Lebanese higher education. Informatics in Education-An International Journal, 13(1), 1-16. http://bjsep.org/getfile.php?id=145 https://www.doi.org/10.1177/0829573515593711 10.1016/j.compedu.2016.12.011 10.1080/01587910802154970 retrieved from doi: doi: Janzen, T., Cormier, D. C., Hetherington, J., Mrazik, M., & Mousavi, A. (2015). A Canadian Investigation of the Psychometric Properties of the Student Motivation and Learning Strategies Inventory.Canadian Journal of School Psychology, 30(3), 175-192, Jeno, L. M., Grytnes, J. A., & Vandvik, V. (2017). The effect of a mobile- application tool on biology students' motivation and achievement in species identification: A Self-Determination Theory perspective. Computers & Education, 107, 1-12. Keller, J. M. (2008). First principles of motivation to learn and e3‐learning. Distance education, 29 (2), 175-185. Kilis, S. (2013). Impacts of Mobile Learning in Motivation, Engagement and Achievement of Learners: Review of Literature. Gaziantep University Journal of Social Sciences, 12(2). https://pdfs.semanticscholar.org/c159/6a2132397887d5857604aef66d5cf 8a99ff4.pdf Kinman, G., & Kinman, R (2001). The role motivation tolerant in management education. Journal of Workplace Learning, 13(4), 132-143. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/235266802_The_role_of_ motivation_to_learn_in_management_education Lamb, D.R. (1984). Physiology Basis Of Exercise Respons And Adaptations. Canada: Mack Milk Publishing Company. Kusurkar, R. A., Ten Cate, T. J., Vos, C. M. P., Westers, P., & Croiset, G. (2013). How motivation affects academic performance: a structural equation modelling analysis. Advances in health sciences education, 18(1), 57-69. doi: 10.1007/s10459-012-9354-3 119 Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based instructional design: computer-based training, web-based training, distance broadcast . San Francisco: Pfeiffer http://www.ijceronline.com/papers/Vol3_issue6/part%203/P0363093010 0.pdf. Muldilarto. (2010). Penelitian hasil belajar fisika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Intruksional (P2IS). Nangsari, N.S. 1988. Pengantar Fisiologi Manusia. Jakarta : Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131764503/penelitian/Konaspi- HeruNurcahyo-UNY.pdf doi: 10.1088/1742-6596/1241/1/012048 https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/30947607/ITH_Trust .pdf?response-content- disposition=inline%3B%20filename%3DARCS_Model_of_Motivational_ Design.pdf&X-Amz-Algorithm=AWS4-HMAC-SHA256&X-Amz- Credential=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A%2F20190627%2Fus-east- 1%2Fs3%2Faws4_request&X-Amz-Date=20190627T041931Z&X-Amz- Expires=3600&X-Amz-SignedHeaders=host&X-Amz- Signature=c231c808d4fecc449adf3d9583e0580213118a312776822aee59 37ab69d9582a Pribadi, B. A. (2009). Model desain sistem pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat. training, performance-based solutions Mehdipour, Y., & Zerehkafi, H. (2013). Mobile learning for education: Benefits and challenges. International Journal of Computational Engineering Research, 3(6), 93-101 Nurcahyo, H., & Kes, M. (2007). Model Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Calon Guru dalam Mengajar Bioteknologi dengan Mengoptimalkan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer. Yogyakarta: Pahlifi, D. M., & Nurcahyo, H. (2019, June). The Effect of Android-based Pictorial Biology Dictionary on Students’ Motivation on Topic of Invertebrate. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1241, No. 1, p. 012048). IOP Publishing. Pearce, E. (1995). Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta: PT. Gramedia Indonesia. Poulsen, A., Lam, K., Cisneros, S., & Trust, T. (2008). ARCS model of motivational design. Retrieved March, 21, 2011. 120 Price, S.A., dan Wilson. L.M. 1995. Patofisiologi Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit. Terjemahan Peter Anugerah. Jakarta : EGC. Rustaman, N. (2013). Strategi Belajar Biologi. Malang: IKIP Malang Press. Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Hardjito. (2012). Media pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Salbino, S. 2014. Buku Pintar Gadget Android untuk Pemula. Kunci Komunikasi: Jakarta. Serambimata. 2016. Kurikulum 2013 Edisi revisi 2016. http://serambimata.com/2 016/03/23/inilah-empat-poin-penting-pada-kurikulum-2013-edisi-revisi- tahun-2016/ Setijono, H. (2011). Instruktur Fitnes. Surabaya: Unesa University Press Rob, P. (1997). Developer's handbook to interactive multimedia: a practical guide for educational applications. Rusman, D. K., & Riyana, C. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers. Sideridis, G. D., Mouzaki, A., Simos, P., & Protopapas, A. (2006). Classification of students with reading comprehension difficulties: The roles of motivation, affect, and psychopathology. Learning disability quarterly, 29(3), 159-180, https://www.doi.org/ doi: 10.12973/eurasia.2016.1424a retrieved from DOI: 10.9790/487X-16715963 10.2307/30035505 Shi, W. Z., Sun, J., Xu, C., & Huan, W. (2016). Assessing the Use of Smartphone in the University General Physics Laboratory.Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12(1), 125-132. Singh, A. (2014). Challenges and issues of Generation Z. IOSR Journal of Business and Management, 16(7), 59-63. Siregar, E, & Hartini, N. (2002). Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Soemantri, Irman. 2008. Keperawatan medikal bedah: Asuhan Keperawatan Pasien Dengan Gangguan Sistem Pernapasan. Salemba Merdeka. Jakarta. Subali, B. (2016). Prinsip Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran Edisi Kedua. Yogyakarta: UNY Press 121 Sudjana, N. (2002). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sudjoko. 2001. Membantu Siswa Belajar IPA. Yogykarta: FMIPA Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta http://e- journal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/article/download/778/711 Sukri, A., & Purwanti, E. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui brain gym. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 1(1), 50-57. Suryo, J. (2010).Herbal Penyembuh Gangguan Sistem Pernapasan: Pneumonia–Kanker Paru-Paru-TB-Bronkitis-Pleurisi. Yogyakarta: Bentang Pustaka. Syaifuddin, B. A. C. (1997). Anatomi Fisiologi untuk Siswa Perawat. EGC. Jakarta. Tambayong, J. (2001). Anatomi Fisiologi untuk Keperawatan. Jakarta: Rineka Cipta. Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta. Watson, K. M. 2002. Concepts of Human Anatomy & Physiology, 5rd edition.The Mc. Graw Hill Companies. New York. Wegner, C., Homann, W., & Strehlke, F. (2014). Electronic Learning in the German Science Project" NAWI-Interaktiv". European Journal of Science and Mathematics Education, 2(4), 220-222. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1107654.pdf Wu, W. C., & Perng, Y. H. (2016). Research on the Correlations among Mobile Learning Perception, Study Habits, and Continuous Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12(6). doi: 10.12973/eurasia.2016.1556a Widoyoko. E. P. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Widoyoko, E.P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Winarno, D., Yasid, A., Marzuki, R., Rini, S. E. S., & Alimah, S. (2009). Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Genius Prima Media. 122 Zhu, B., & Zhou, Y. (2012). A Study on Students' Affective Factors in Junior High School English Teaching. English language teaching, 5(7), 33-41. doi: 10.5539/elt.v5n7p33 123 citation: Pahlifi, Dwi Maihidin and Nurcahyo, Heru (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbantuan Android pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI IPA. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/65621/1/COVER.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65621/2/BAB%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65621/3/BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65621/4/BAB%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65621/5/BAB%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65621/6/BAB%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65621/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/65621/8/Lampiran%20.pdf