TY - THES PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Widawati, Nurma Harsi N2 - Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap motivasi kerja dan disiplin kerja guru se-Gugus III Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif dan merupakan penelitian ex-post facto bentuk korelasi.Populasi penelitian seluruh guru kelas SD N Gugus III Kecamatan Kalasan yang berjumlah 42 orang.Pengumpulan data menggunakan angket berupa skala likert.Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas.Uji validitas menggunakan analisis butir dengan rumus korelasi Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha dengan hasil variabel Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah(X) sebesar 0,908, variabel Motivasi Kerja(Y1) sebesar 0,869, variabel Disiplin Kerja(Y2) sebesar 0,906. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linieritas.Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1)terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap motivasi kerja dimana thitung lebih besar dari ttabel (10,032>2,021) pada taraf siginifikansi 5%(0,000>0,05). (2)terdapatpengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap disiplin kerja dimana thitung lebih besar dari ttabel (7,377>2,021) pada taraf siginifikansi 5%(0,000>0,05). Kata kunci : kemampuan manajerial kepala sekolah, motivasi kerja, disiplin kerja Y1 - 2019/09/03/ UR - http://eprints.uny.ac.id/65619/ AV - restricted TI - PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA GURU SD NEGERI GUGUS III KECAMATAN KALASAN, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA M1 - skripsi ID - UNY65619 ER -