%I Fakultas Ilmu Pendidikan %L UNY65616 %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas II MI Bina Umat Sumberarum tahun ajaran 2018/2019. Peningkatan keterampilan dalam penelitian ini melalui penggunaan model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas II di MI Bina Umat Sumberarum Moyudan Sleman yang berjumlah 9 siswa yang semuanya adalah laki-laki. Objek penelitian ini adalah kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika dengan model MMP. Teknik pengumpulan data berupa observasi (pengamatan) dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Adapun kriteria penelitian ini ditandai dengn perolehan nilai rata-rata kelas ≥ 70 dan minimal 75% dari jumlah siswa mencapai nilai minimal (70). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Missouri Mathematic Project dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas II MI Bina Umat Sumberarum Moyudan Sleman. Peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika ditunjukkan oleh hasil tes. Pada prasiklus terdapat 11,11% (1 siswa) dari jumlah 9 siswa yang mencapai nilai minimal. Hasil tes pada siklus I menunjukkan ada 55,55% (5 siswa) dari jumlah siswa mencapai nilai minimal. Pada siklus II terdapat 77,77% (7 siswa) dari jumlah siswa mencapai nilai minimal. Sedangkan nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 30,55, pada akhir siklus I nilai rata-rata tes sebesar 63,88, dan pada akhir siklua II nilai rata-rata tes sebesar 72,22. Kata kunci: kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika dan model pembelajaran MMP %T MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS II MI BINA UMAT SUMBERARUM TAHUN AJARAN 2018/2019 %D 2019 %A Mahardika Purna Putra