%0 Thesis %9 S1 %A Jatiwuni, Aditya %B PGSD %D 2019 %F UNY:65592 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN MELALUI METODE LATIHAN (DRILL) SISWA KELAS I SD N KALIKUTUK %U http://eprints.uny.ac.id/65592/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran menulis permulaan dan meningkatkan keterampilan menulis permulaan melalui metode latihan (drill). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Kalikutuk yang berjumlah 22 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis permulaan. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan keterampilan menulis permulaan adalah minimal 75% dari jumlah siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu ≥75. Kriteria keberhasilan variabel keterampilan menulis permulaan adalah minimal 75% siswa mendapat skor ≥75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode latihan (drill) dapat meningkatkan keterampilan menulis permulaan siswa kelas I SD Negeri Kalikutuk. Peningkatan proses ditunjukkan dengan siswa yang menjadi lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran dan bertanggung jawab dalam mengerjakan latihan yang diberikan. Siswa sudah tepat dalam memegang pensil, siswa juga berusaha duduk dengan tegap dan menjaga jarak antara mata dengan buku. Hal lain yang menunjukkan peningkatan keterampilan menulis permulaan siswa adalah persentase ketuntasan keterampilan menulis permulaan mengalami peningkatan dari pra siklus 4,54%, siklus I 22,73%, dan siklus II 81,8%. Kata kunci: keterampilan menulis permulaan, metode drill