%X Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan dan memaknai penanaman karakter gemar membaca dan faktor yang mempengaruhi penanaman karakter gemar membaca di SDIT Al Khairaat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, petugas perpustakaan, siswa, dan orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Model Interactive Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penanaman karakter gemar membaca di SDIT Al Khairaat dilaksanakan melalui tahap penerimaan, partisipasi, penillaian, organisasi, dan pembentukan pola hidup. Pelaksanaan penanaman karakter gemar membaca di SDIT Al Khairaat tersebut dilaksanakan sekolah dengan beberapa kegiatan seperti menyediakan waktu khusus untuk siswa membaca, menyediakan fasilitas yang mendukung dan memadai untuk siswa, mengadakan program atau kegiatan yang menanamkan kegemaran membaca siswa, memberikan keteladanan pada siswa, memberikan kebebasan pada siswa untuk membaca sesuai keinginannya namun tetap dalam pengawasan guru, dan membaca buku yang ada di perpustakaan. (2) Faktor pendukung penanaman karakter gemar membaca di SDIT AL Khairaat antara lain ketersediaan fasilitas, peran guru, dan peran orang tua. Faktor penghambat penanaman karakter gemar membaca di SDIT Al Khairaat antara lain ketersediaan buku masih kurang, kondisi ruangan perpustakaan kurang memadai dan adanya pengaruh dari televisi maupun gadget. Kata Kunci: Karakter Gemar Membaca %D 2019 %T PENANAMAN KARAKTER GEMAR MEMBACA DI SDIT AL KHAIRAAT %A Ratri Hidayati %L UNY65565 %I Fakultas Ilmu Pendidikan