%0 Thesis %9 S2 %A Parancika, RD. Bily %A Suyata, Pujiati %B Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia %D 2019 %F UNY:65554 %I Program Pascasarjana %T Keefektifan Strategi Writing a Story Based on a Picture/Photograph dan Summary Writing dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Kompleks pada Siswa Kelas XI SMAN 10 Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/65554/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) keefektifan strategi writing a story based on a picture/photograph (WSBP) dibandingkan strategi summary writing (SW); (2) keefektifan strategi writing a story based on a picture/photograph dibandingkan model konvensional; dan (3) keefektifan strategi summary writing dibandingkan model konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experiment tipe pretest and post-test random assignment control group design. Populasi yang diambil adalah 131 siswa kelas XI MIPA di SMAN 10 Yogyakarta. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan penentuan tersebut siswa kelas XI MIPA 3 sebagai kelompok eksperimen 1, XI MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen 2, dan XI MIPA 2 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik nontes berupa penugasan menulis teks eksplanasi kompleks dan pengamatan. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi yang dikonsultasikan kepada ahli dengan hasil sudah siap dipergunakan untuk penelitian. Reliabilitas instrumen dianalisis menggunakan rumus Alpha Cronbach dan hasil penghitungan menunjukkan nilai 0.706. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians satu jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi WSBP dan strategi SW mampu mengembangkan ide atau gagasan siswa dalam menulis teks eksplanasi kompleks. Hasil tes akhir atau posttest menunjukkan bahwa nilai pretest dan posttest pada kelompok eksperimen 1 mengalami kenaikan sebesar 16,66%, pada kelompok eksperimen 2 mengalami kenaikan sebesar 6,52% dan pada kelompok kontrol mengalami kenaikan sebesar 7,86%. (2) Strategi writing a story based on a picture/photograph sama-sama efektif dengan strategi summary writing. Strategi writing a story based on a picture/photograph sama-sama efektif dengan model konvensional pada saat digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks. (3) Strategi summary writing sama-sama efektif dengan model konvensional pada saat digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks. Dengan demikian, ketiga strategi yang digunakan sama-sama efektif dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks. Kata kunci: writing a story based on a picture/photograph, keefektifan, menulis, strategi, teks, eksplanasi kompleks, summary writing