@phdthesis{UNY65526, year = {2019}, school = {Pendidikan Akuntansi}, title = {PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, KINERJA MENGAJAR GURU, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DASAR-DASAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2018/2019}, author = {Nia Triansari}, url = {http://eprints.uny.ac.id/65526/}, keywords = {Motivasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi, Lingkungan Teman Sebaya, Kinerja Mengajar Guru, Kemandirian Belajar, SMK Negeri 1 Tempel}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Lingkungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019; 2) Kinerja Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019; 3) Kemandirian Belajar terhadap Motivasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019; dan 4) Lingkungan Teman Sebaya, Kinerja Mengajar Guru, dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto dengan populasi sebanyak 96 siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Validitas instrumen dibuktikan dengan rumus Korelasi Product Moment sedangkan reliabilitas diestimasi menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis data meliputi uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi dengan nilai rx1y=0,490; r2 x1y=0,240; 2) Terdapat pengaruh positif Kinerja Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi dengan nilai rx2y=0,369; r2 x2y=0,136; 3) Terdapat pengaruh positif Kemandirian Belajar terhadap Motivasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi dengan nilai rx3y=0,765; r2 x3y=0,586; dan 4) Terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya, Kinerja Mengajar Guru, dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi dengan nilai Ry(123)=0,786 ; R2 y(123)=0,618. Besarnya Sumbangan Efektif dari ketiga variabel bebas terhadap Motivasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi sebesar 61,8\% dan variabel Kemandirian Belajar memberikan sumbangan paling besar dengan nilai sebesar 43,7\%.} }