TY - THES Y1 - 2019/// KW - Motivasi Belajar KW - Penggunaan Teknologi Informasi KW - Prestasi Belajar Akuntansi Dasar. ID - UNY65505 AV - public A1 - ALFARISI, BELINDHA YUNITA PB - Pendidikan Akuntansi TI - PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019 N2 - Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh (1) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar; (2) Penggunaan Teknologi Informasi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar; dan (3) Motivasi Belajar dan Penggunaan Teknologi Informasi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 7 Yogyakarta dengan responden siswa kelas X AKL yang berjumlah 95 siswa. Uji validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis yang dilakukan meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana untuk menguji hipotesis pertama dan kedua, serta analisis regresi ganda dua prediktor untuk menguji hipotesis ketiga. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,645 dan koefisien determinasi r2x1y sebesar 0,417; (2) Terdapat pengaruh positif Penggunaan Teknologi Informasi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dengan koefisien korelasi rx2y sebesar 0,517 dan koefisien determinasi r2x2y sebesar 0,267; (3) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar dan Penggunaan Teknologi Informasi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dengan koefisien korelasi Ry(1,2) sebesar 0,530; koefisien determinasi r2y(1,2) sebesar 0,281; dan nilai Fhitung sebesar 18,066. Sumbangan relatif variabel Motivasi Belajar adalah sebesar 27,20% dan sumbangan efektif sebesar 7,64%. Sumbangan relatif variabel Penggunaan Teknologi Informasi adalah sebesar 72,80% dan sumbangan relatif sebesar 19,89%. M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/65505/ ER -