%K Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Akuntansi %X Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitaif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 66 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji coba instrumen dilakukan kepada 71 siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Wonosari. Uji validitas instrumen enggunakan Analisis Factor dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis menggunakan uji linearitas, uji heterokedastisitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan Ry(1,2,3)= 0,376, R2 y(1,2,3)= 0,141, Fhitung = 3,561 > Ftabel = 1,514 pada taraf signifikansi 5%, dengan total sumbangan efektif 14,1% yang artinya Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya dan Perhatian Orang Tua mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi sebesar 14,1% dan 85,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. %D 2018 %T PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018 %I Pendidikan Akuntansi %A Annisa Pratiwi %L UNY65501