%0 Thesis %9 S1 %A Anris, Anris %B Psikologi Pendidikan dan Bimbingan %D 2019 %F UNY:65496 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN PERILAKU MENCONTEK DI SMP N 2 CANGKRINGAN SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/65496/ %X ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa beberapa siswa di SMP N 2 Cangkringan Sleman melakukan perbuatan menyontek saat ulangan atau tes berlangsung dan ditemukan beberapa siswa dengan self efficacy rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan perilaku mencontek di SMP N 2 Cangkringan Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Cangkringan Sleman berjumlah 94 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh karena seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan skala. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara self efficacy dengan perilaku mencontek di SMP N 2 Cangkringan Sleman, dibuktikan dari rhitung>rtabel (-0,628>0,202) dan α = 0,000 (p<0,05). Variabel self efficacy memiliki kontribusi terhadap perilaku mencontek sebesar 39,5%, sedangkan sisanya sebesar 60,5% terdiri dari faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata kunci: Self Efficacy dan Perilaku Mencontek