@phdthesis{UNY65491, year = {2019}, school = {Pendidikan Akuntansi}, author = {Putri Rahmawati}, title = {PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2018/2019}, url = {http://eprints.uny.ac.id/65491/}, keywords = {Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2018/2019, 2) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2018/2019, 3) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2018/2019, dan 4) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Kemandirian Belajar, dan Motivasi Belajar secara bersamasama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2018/2019. Peneliti menggunakan metode penelitian Ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebesar 88 siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Godean tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji liniaritas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama, kedua, dan ketiga, serta analisis regresi ganda untuk hipotesis keempat. Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2018/2019 dibuktikan dengan rx1y sebesar 0,910 dan r2 x1y sebesar 0,829. 2) Terdapat pengaruh positif Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2018/2019 dibuktikan dengan rx2y sebesar 0,421 dan r2 x2y sebesar 0,178. 3) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2018/2019 dibuktikan dengan rx3y sebesar 0,532 dan r2 x3y sebesar 0,283. 4) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Kemandirian Belajar, dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2018/2019 dibuktikan dengan Ry(1,2,3) sebesar 0,914. R2 y(1,2,3) sebesar 0,835} }