eprintid: 65468 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1191 dir: disk0/00/06/54/68 datestamp: 2019-08-22 04:53:22 lastmod: 2019-08-22 04:53:22 status_changed: 2019-08-22 04:53:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Arifah, Istiyani Nur Arifah creators_id: istiyani.nur2015@student.uny.ac.id title: EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN ETIKA PERGAULAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA N 1 KOTA MUNGKID ispublished: pub subjects: D11 divisions: fip_ppb full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik sosiodrama terhadap peningkatan etika pergaulan siswa kelas XI SMA N 1 Kota Mungkid. Penelitian ini dilakukan berdasarkan kondisi siswa yang mengalami gejala-gejala etika pergaulan rendah di SMA N 1 Kota Mungkid. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain quasi experimental design dengan bentuk non equivalent control group design. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive random sampling, dengan kriteria siswa kelas XI yang memiliki etika pergaulan rendah, yang terdiri 8 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 8 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa skala etika pergaulan. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik non-parametrik uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama efektif terhadap peningkatan etika pergaulan (sig=0,012<0,05) dengan taraf signifikasi 5 %. Oleh karena itu bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama efektif terhadap peningkatan etika pergaulan pada siswa kelas XI SMA N 1 Kota Mungkid. Kata Kunci: Etika pergaulan, teknik sosiodrama. date: 2019-08-22 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: Psikologi Pendidikan dan Bimbingan thesis_type: skripsi citation: Arifah, Istiyani Nur Arifah (2019) EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN ETIKA PERGAULAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA N 1 KOTA MUNGKID. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/65468/1/SKRIPSI%20ISTI.pdf