%D 2019 %L UNY65453 %X ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berdasarkan kondisi siswa yang mengalami gejala-gelaja stres akademik di SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi problem focused coping terhadap pengurangan stres akademik siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain quasi experimental design dengan bentuk non equivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 180 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dan didapat sampel sebanyak 10 siswa, yang terdiri 5 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 5 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa skala stres akademik. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik non-paramterik uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi problem focused coping berpengaruh terhadap pengurangan stres akademik (sig=0,042 <0,05) dengan taraf signifikasi 5 %. Oleh karena itu strategi problem focused coping berpengaruh terhadap pengurangan stres akademik pada siswa kelas VIII SMP. Kata Kunci: Stres akademik, problem focused coping. %A Nurma Eliya Mujahidah Mujahidah %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGARUH STRATEGI PROBLEM FOCUSED COPING TERHADAP PENGURANGAN STRES AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP