TY - THES PB - Program Pascasarjana A1 - Ananda, Mia Audina A1 - Suwarjo, Suwarjo N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok realita terhadap konsep diri peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan skala konsep diri. Subjek penelitian ditentukan menggunakan purposive sampling berdasarkan skor konsep diri yang negatif dan sangat negatif sejumlah 10 peserta didik dan terbagi dalam dua kelompok yaitu, 5 peserta didik pada kelompok eksperimen dan 5 peserta didik lainnya pada kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah non parametric yaitu uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan SPPS versi 21 for windows. Hasil penelitian menujukkan bahwa konseling realita efektif terhadap peningkatan konsep diri peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan (Sig,= 0,043<0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok realita efektif terhadap peningkatan konsep diri peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan. Y1 - 2019/03/26/ UR - http://eprints.uny.ac.id/65448/ M1 - tesis ID - UNY65448 TI - Konseling Kelompok Realita Terhadap Konsep Diri Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran 2018/2019 AV - restricted KW - Kata Kunci: konseling kelompok KW - realita KW - konsep diri. ER -